Yamaha

Ma'ruf Amin: Tokoh Agama Berperan Penting Menyikapi Pandemi

  Selasa, 14 Juli 2020   Republika.co.id
Wapres Ma'ruf Amin (Antara)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak para tokoh agama untuk terus menyosialisasikan ke umat tentang disiplin menjalankan protokol kesehatan

Wapres mengatakan, penggunaan masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan adalah cara yang saat ini dianggap mampu mencegah penularan virus Covid-19, sebelum ditemukan vaksin.

Karena itu, ia berharap kebijakan adaptasi kebiasaan baru ini disosialisasikan seluas mungkin agar dipahami dan dijalankan secara konsisten oleh semua masyarakat.

"Saya yakin peran para tokoh agama sangat penting untuk memastikan keberhasilan kebijakan ini," ujar Ma'ruf saat menjadi pembicara kunci dalam Dialog Nasional Lintas Iman melalui virtual, Selasa (14/7/2020).

Ma'ruf mengajak para tokoh agama untuk membangkitkan semangat umat agar bekerja keras dalam rangka memulihkan kembali keadaan seperti sebelum Covid-19 serta mengejar ketertinggalan yang terjadi akibat Covid-19.

Sebab, selain mengajarkan kebaikan dan menjaga ketakwaan umat, peran agama juga mendorong semangat umat untuk mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Peran para tokoh agama pada masa pasca pandemi sama pentingnya seperti pada waktu masa pandemi," katanya.

Ma'ruf juga meminta tokoh agama mengajak semua umat agar turut serta berbagi dan menggalang solidaritas guna meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sebab, pandemi telah mengakibatkan dampak sosial dan ekonomi yang besar bagi masyarakat, terutama terhadap kelompok masyarakat yang miskin dan rentan.

Ma'ruf melanjutkan, meskipun pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang besar untuk penanganan Covid-19 yakni saat ini Rp695,2 Triliun, namun tidaklah cukup.

"Penyediaan fasilitas kesehatan, bantuan sosial, dan berbagai kebijakan relaksasi dan stimulus bagi dunia usaha, yang totalnya saat ini mencapai Rp 695 Trilyun, bukan berarti itu sudah menjamin pulihnya kondisi ekonomi dan sosial masyarakat," kata Ma'ruf.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar