Yamaha

Mengantar Kurban ke Wilayah Rawan Pangan di India

  Selasa, 21 Juli 2020   Ananda Muhammad Firdaus
Pendistribusian daging kuban di India pada 2019 lalu. India masuk negara yang mendapat daging kurban dari dermawan Global Qurban. (ACTNews)

BENGAL BARAT, AYOCIREBON.COM – India menjadi salah satu negara yang masih memiliki penduduk prasejahtera. Di samping konflik yang masih sering timbul karena perbedaan agama di sana, bencana kekeringan tak jarang hadir sebagai alasan kekurangan pangan. Pada 2018, setidaknya 800 ribu jiwa termasuk golongan masyarakat prasejahtera di India.

Bengal Barat merupakan salah satu wilayah di India yang menyimpan penduduk miskin. Pendapatan warganya per hari termasuk rendah. Bahkan, 90 persen penduduknya merupakan pengangguran. Kasus kekeringan serta kelaparan sering menjadi permasalahan masyarakat yang tinggal di sana. Dampaknya, banyak anak yang mengalami kekurangan gizi serta kematian di usia muda. Kasus kematian muda ini banyak dialami oleh laki-laki di West Bengal.

Bertepatan dengan Hari Raya Iduladha tahun 2019 lalu, West Bengalsasaran pendistribusian ratusan hewan kurban setara kambing dari Global Qurban-ACT. Hewan kurban setara kambing yang disembelih dan didistribusikan di West Bengal mencapai 518 ekor. Sebanyak 8.500 warga di sana menerima manfaat kebaikan dari dermawan Indonesia ini. “Warga di sini (West Bengal) belum tentu bisa makan daging setahun sekali, keterbatasan ekonomi yang memaksa seperti itu,” jelas Mohammed Ali Dhorat, mitra Global Qurban yang berada di India pada Agustus 2019.

Tarhat Falheen (25), seorang ibu yang juga menjadi tulang punggung keluarga bagi tiga anaknya, sangat bersyukur bisa menikmati daging kurban pada Iduladha 2019 lalu. "Daging kurban ini menjadi lauk-pauk bergizi bagi keluarga saya. Saya tidak ingat kapan terakhir kali kami menikmati lauk-pauk bergizi. Terima kasih untuk masyarakat Indonesia yang sudah berbaik hati berbagi daging kurban kepada kami," ungkapnya.

India merupakan salah satu wilayah di belahan dunia ini yang mengalami rentan rawan pangan. Hal serupa juga terjadi di wilayah lain, bahkan ada yang lebih parah. Iduladha 2020 ini, Global Qurban akan terus mendampingi wilayah rentan rawan pangan dengan mengirimkan daging kurban terbaiknya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar