Yamaha

Warga Desa Trusmi Kulon Tetap Dapat Salat Iduladha

  Rabu, 29 Juli 2020   Erika Lia
ilustrasi salat id. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Pasca lonjakan drastis kasus Covid-19 di Desa Trusmi Kulon, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, pelaksanaan Salat Iduladha pada Jumat (31/7/2020) diagendakan dengan pemberlakuan protokol kesehatan ketat.

Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Cirebon Hilmy Riva'i mengungkapkan, di tengah pemberlakuan AKB sesuai level kewaspadaan yang berlaku sejak 27 Juli 2020, warga di Trusmi Kulon tetap dapat melaksanakan salat iduladha. Hanya, pelaksanaannya akan berbeda dengan warga desa lain.

"Salat iduladha di Trusmi Kulon diizinkan, tapi lokasi pelaksanaannya disebar di banyak titik tempat ibadah," jelasnya, Rabu (29/7/2020).

Penyebaran semacam itu dilakukan untuk memecah jumlah jamaah yang mengikuti salat. Dengan begitu, tak tercipta kerumunan yang berpotensi memperlebar penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit menular Covid-19.

"Jadi, kalau biasanya di 1 desa ada 3 masjid yang mengadakan salat id, nanti lokasinya ditambah supaya jamaahnya tersebar dan tak berkumpul banyak di 1 titik," terangnya.

AKB Sesuai Level Kewaspadaan di Desa Trusmi Kulon diterapkan menyusul ditemukannya 16 warga yang terkonfirmasi positif.

Otoritas penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon pun sempat melakukan tes swab bagi ratusan warga di sana yang diketahui berkontak erat dengan ke-16 pasien itu.

Selain itu, langkah lain dalam penanganan kasus di Desa Trusmi Kulon berupa pembentukan tim khusus yang diketuai dirinya.

Hilmy menuturkan, salah satu tugas tim ini memastikan penerapan protokol kesehatan di desa sekitar.

"Mengingat saat ini (fase) AKB, dan bukannya PSBB lagi, maka kami harus pastikan protokol kesehatan diterapkan warga di sana," katanya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar