Yamaha

Pemerintah Diminta Bangun Infrastruktur Industri Musik

  Sabtu, 10 Maret 2018   Faqih Rohman Syafei

KEDAWUNG, AYOCIREBON.COM--Sebagai seorang musisi, Dedy Lisan Vokalis grup band Andra and the Backbone mengaharapkan pemerintah bisa menyiapkan 'infrastruktur' guna mendukung kemajuan industri musik Indonesia agar lebih berkembang lagi. 


Hal itu diungkapkannya ketika Press Conference Soundsations "100 Kota 1 Bahasa" bertempat di Famouz Cafe Cirebon, terkait harapan pada Hari Musik Nasional yang jatuh setiap pada tanggal 9 Maret. Sabtu (10/3/2018).


Menurutnya saat ini terdapat sebuah lubang besar di industri musik Indonesia, tentang bagaimana si musisi bisa hidup dari hasil karya-karyanya, sedangkan pembajakan masih merajalela. 


"Di satu sisi pembajakan masih belum bisa dilawan namun sisi lain negara belum maksimal berupaya melindungi itu," katanya, Sabtu (10/3/2018).


Dia mengatakan terdapat sebuah ironi masih banyaknya media-media populer yang lebih memberikan porsi besar pada lagu-lagu barat sedangkan lagu lokal seolah disisihkan. 


Namun, hal ini berbanding terbalik jika melihat kedaerah-daerah yang dimana musik Indonesia masih menjadi Tuan Rumah di Negerinya sendiri, apalagi dengan berkembangnya musik-musik independent atau minor label. 


"Saya pribadi dari sisi media populer musik impor yang menguasi pasar banyak, radio di Jakarta lebih memutar musik asing. Tapi beda jika didaerah, musik indie berkembang pesat," beber Dedi. 


Alasan mereka (indie) berkembang karena lebih solid dan tentunya juga masih ada penikmatnya serta pasarnya masih ada yang membuat industri musik Indonesia masih terus berjalan. 


"Sekarang genre atau musisi tertentu yang hanya bisa dinikmati kalangan tertentu bisa tiba-tiba naik ke atas contohnya kaya Via Vallen bahkan kauk urban pun menikmati itu," ungkap Dedi.


Dedy menambahkan jika orang Indonesia masih membutuhkan musik dan mereka hidup ditemani musik maka industri musik masih akan terus berjalan walaupun masih terdapat banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. 

"Enggak akan mati karena sekarang kan ada ungkapan soundtrack hidup lu kan ada di musik," pungkasnya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar