Yamaha

Presiden: Minggu-minggu Ini Masyarakat Makin Khawatir Covid-19

  Senin, 03 Agustus 2020   Republika.co.id
Presiden Joko Widodo. (dok. Setkab)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa kekhawatiran masyarakat terhadap Covid-19 beberapa waktu ini semakin meninggal. Dia menyampaikan itu saat membuka rapat terbatas penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/8/2020).

Menurutnya, kekhawatiran tersebut bisa disebabkan oleh jumlah kasus yang kian meningkat maupun semakin banyaknya masyarakat yang tak patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Saya tidak tau sebabnya apa, tetapi suasana pada minggu-minggu terakhir ini kelihatan masyarakat berada pada posisi yang khawatir mengenai covid. Entah karena kasusnya meningkat, atau terutama (kalangan) menengah atas melihat karena orang yang tidak taat pada protokol kesehatan tidak semakin sedikit, tetapi semakin banyak,” ujar Jokowi.

Jumlah kasus Covid-19 terkini di Indonesia pun telah mencapai angka 111.455 orang dengan tingkat kematian sebesar 4,7%. Angka kematian ini bahkan lebih tinggi 0,8% dari tingkat kematian global.

Sementara itu, angka kesembuhan pasien juga semakin meningkat, yakni sebesar 61,9%. “Pada kesempatan yang baik ini saya ingin agar yang namanya protokol kesehatan, perubahan perilaku di masyarakat betul-betul menjadi perhatian kita,” ucap Jokowi.

Jokowi ingin Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 fokus pada kampanye disiplin protokol kesehatan. Kampanye protokol kesehatan ini harus dijelaskan secara detil kepada masyarakat sehingga benar-benar dipahami.

Selain itu, Jokowi juga ingin melibatkan peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di tiap daerah.

“Tapi kalau ibu-ibu siap, saya kira PKK ini juga efektif untuk door to door urusan masker. Urusan perubahan perilaku betul-betul harus kita lakukan dengan komunikasi mungkin di tv, medsos, dan lain-lain, secara masif mungkin dalam dua minggu ini. Dengan cara-cara yang berbeda,” ucap Jokowi.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar