Yamaha

Kasus Membengkak, AKB Tahap 2 di Kabupaten Cirebon Fokus Penanganan 2 Isu Sosial Ini

  Selasa, 04 Agustus 2020   Erika Lia
Ilustrasi rapid test virus corona. (ayobandung/Irfan Al Faritsi)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Perpanjangan fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kabupaten Cirebon akan disertai peningkatan upaya pencegahan, menyusul angka kasus Covid-19 yang membengkak. Setidaknya 2 isu sosial menjadi fokus penanganan.

Selepas PSBB dan beralih pada AKB, angka kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon menunjukkan peningkatan. Saat ini, diketahui masa AKB di Kabupaten Cirebon diperpanjang hingga 29 Agustus 2020.

"Masa AKB di Kabupaten Cirebon diperpanjang habis pada 31 Juli 2020 dan diperpanjang oleh Pemprov Jawa Barat sampai 29 Agustus 2020," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan.

Perpanjangan masa AKB di Kabupaten Cirebon sesuai surat edaran gubernur Jabar yang menyebut seluruh wilayah di Jabar, kecuali Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek), memperpanjang masa AKB selama 2 masa inkubasi atau selama 28 hari.

Menurutnya, penerapan AKB tahap 2 akan disertai peningkatan upaya dan langkah pencegahan Covid-19 dari AKB tahap 1. Namun, sampai kini pihaknya masih menggodok formula peningkatan dimaksud.

"(AKB tahap 2) harus berbeda dari AKB tahap 1, dari sisi langkah harus ada peningkatan. Tapi, formulanya masih kami godok," cetusnya.

Secara garis besar, imbuhnya, dalam penerapan AKB lanjutan ini akan dibentuk 2 komite yang khusus menangani 2 isu sosial yang dihadapi selama pandemi Covid-19, masing-masing kesehatan dan ekonomi.

Ke-2 komite tersebut direncanakan memfokuskan kinerja pada pemulihan ekonomi dan penanggulangan masalah kesehatan. Teknisnya sendiri masih akan dibahas bersama unsur terkait lain.

Peningkatan upaya dan langkah pencegahan pada AKB tahap 2, diyakinkannya, tak lepas dari perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Cirebon kini.

Tren kasus Covid-19 yang cenderung meningkat pada AKB tahap 1 akan menjadi bahan evaluasi pihaknya untuk menentukan kebijakan publik pada penerapan AKB tahap 2.

"Kami meminta masyarakat Kabupaten Cirebon tetap mengikuti protokol kesehatan, tetap gunakan masker dan menjaga jarak," tegasnya.
 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar