Yamaha

Dapat Pinjaman Rp4 Triliun, Emil Minta Optimalisasi Belanja Daerah

  Kamis, 06 Agustus 2020   Erika Lia
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Ayocirebon.com/Istimewa)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Kepala daerah diminta mengoptimalkan belanja daerah setelah Pemprov Jawa Barat memperoleh pinjaman Rp4 triliun dari pemerintah pusat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, pinjaman tersebut untuk pemulihan ekonomi daerah di Jabar. Belanja pemerintah menjadi 1 yang tersisa dari 4 potensi kemajuan ekonomi.

"Ada 4 faktor yang membuat perekonomian maju, yaitu ekspor, investasi, daya beli, dan belanja pemerintah. Saat ini 3 faktor pertama sudah hancur, tinggal belanja pemerintah," katanya saat di Kota Cirebon, Rabu (5/8/2020).

Dana pinjaman Rp4 triliun, imbuhnya, dapat dimanfaatkan pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan melalui program-program padat karya. UMKM termasuk sektor yang bisa mengakses dana ini.

Pihaknya berharap, pinjaman itu dapat membuat roda perekonomian di daerah maupun Jabar pada umumnya kembali berjalan.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis pun menyambut gembira dana pinjaman itu. Dana itu akan membantu kembali pembangunan di Kota Cirebon dan menggairahkan perekonomian.

"Dana untuk pembangunan pada APBD Kota Cirebon Tahun Anggaran 2020 sudah terkena refocusing," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi meyakinkan, penggunaan dana pinjaman untuk padat karya dapat dilakukan melalui proyek konstruksi secara swakelola. Proyeknya sendiri tetap merupakan proyek lama yang tertunda dikerjakan.

"Tapi nanti pengerjaannya dilakukan padat karya, bukan melalui penyedia. Pengerjaan padat karya yang paling memungkinkan yang bersifat infrastruktur," tuturnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar