Yamaha

Kapolda Jabar Daftarkan Diri jadi Relawan Vaksin Covid-19

  Rabu, 12 Agustus 2020   Erika Lia
Kapolda Jabar, Irjen Rudy Sufahriadi.

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi mengumumkan dirinya sebagai salah satu relawan vaksin Covid-19.

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pula telah mengumumkan hal serupa. Menurut Rudy, upaya penanganan Covid-19 sendiri belum berakhir mengingat vaksin masih harus melalui uji coba.

"Vaksin sedang diuji coba, saya daftar sebagai relawan," ungkapnya di sela peresmian Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Polres Indramayu, Rabu (12/8/2020).

Sejauh ini, dia mengaku telah melalui prosedur untuk menjadi relawan uji coba vaksin yang diketahui dari Cina. Pengambilan sampel darah Rudy sendiri diagendakan 25 Agustus mendatang.

Sembari menanti vaksin siap digunakan secara luas, dia pun mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Kalau tidak mau lockdown, ya harus rajin pakai masker," tegasnya.

Dalam sebuah kesempatan di Kota Cirebon awal Agustus lalu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memperkirakan warga Jabar akan dapat menerima vaksin Covid-19 pada Januari-Februari 2021.

Emil, sapaan akrabnya mengungkapkan, dari 4 sumber vaksin, masing-masing asal Cina, Korea Selatan, Inggris, dan Indonesia, baru vaksin asal Cina yang dinyatakan paling siap.

"Yang paling siap (vaksin) dari Tiongkok (Cina)," cetusnya.

Dia menjelaskan, syarat sebuah vaksin dapat digunakan harus melalui 3 kali uji. Uji pertama dilakukan di negara asal penghasil vaksin, sebelum kemudian uji berikutnya berturut-turut dilakukan di negara konsumen.

Vaksin asal Cina sudah lolos uji di negara asal dan kini tengah diuji di Indonesia sebagai negara konsumen. Vaksin yang diproduksi Biofarma itu akan menjalani serangkaian uji lanjutan di Indonesia hingga Desember 2020.

"Untuk vaksin dari Korea Selatan dan Inggris belum selesai uji pertamanya. Sementara yang lokal (vaksin Indonesia) masih lama," ujarnya.
 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar