Yamaha

Rute Jet Domestik di Husein Lengkapi BIJB Kertajati

  Jumat, 21 Agustus 2020   Nur Khansa Ranawati

BANDUNG, AYOCIREBON.COM-Sejak Kamis (20/8/2020), Bandara Husein Sastranegara Bandung kembali mengoperasikan rute penerbangan domestik dengan pesawat jet komersial. Sebanyak 6 rute penerbangan domestik tersebut dilayani oleh dua maskapai, yakni Citilink dan Lion Air.

General Manager Husein Sastranegara Iwan Winaya Mahdar mengatakan, kembalinya rute domestik yang dilayani pesawat jet di bandara ini tidaklah menghilangkan layanan serupa di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Keenam rute ini bersifat komplementer atau saling melengkapi dengan rute yang sudah ada di Kertajati.

"Kami tegaskan bahwa bandara Kertajati masih beroperasi, slotnya masih ada, rutenya masih ada, sama dengan bandara Husein," ungkapnya saat ditemui dalam inagurasi first flight di Bandara Husein Sastranegara, Kamis (20/8/2020).

"Jadi bukan yang di Kertajati dipindah, tapi sama-sama ada rute untuk saling support," jelasnya.

Ia mencontohkan, apabila ada penumpang dari Makassarr akan ke Jawa Barat menggunakan pesawat, ia bisa memilih jadwal keberangkatan pukul 8 pagi menuju Bandara Hussein, atau penerbangan sore menuju Bandara Kertajati. Rute yang sama tetap dilayani oleh kedua bandara dengan pembagian waktu yang berbeda.

"Itu adalah pilihan dari masyarakat Jabar, silakan mau terbang dari Husein atau Kertajati. Silakan, masih ada (rutenya) semuanya," ungkapnya.

Sebelumnya, sejak Juli 2019, bandara Husein Sastranegara melakukan penataan rute jet domestik seiring dengan beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Sejak saat itu, hanya pesawat ATR yang dapat difungsikan secara komersial dari bandara Husein.

"Bandara Hussein sendiri tidak perna tutup, open terus tapi hanya menggunakan pesawat ATR untuk yang komersial. Kalau yang komersial sesuai rikues yang ada," ungkapnya.

"Kemudian setelah 5 Agustus, terbit lagi tentang penataan rute kembali Bandara Hussein dengan Bandara Kertajati," paparnya.

Sehingga, saat ini Bandara Hussein kembali memiliki rute penerbangan domestik dengan pesawat jet di antaranya meliputi Bandung-Palembang dan Bandung-Pekanbaru (Citilink), dan Bandung-Makassar, Bandung-Kualanamu, Bandung-Balikpapan, dan Bandung-Denpasar (Lion Air). 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar