Yamaha

Sistem Elektronifikasi di Kota Cirebon Dinilai Berkembang

  Jumat, 20 April 2018   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

KOTA BATU, AYOCIREBON.COM--Penerapan sistem elektronifikasi di Kota Cirebon dinilai telah berkembang progresif. Program smart city menjadi salah satu indikatornya. 

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw Bank Indonesia Cirebon, Rawindra Ardiansah, mengatakan bahwa penerapan sistem elektronifikasi di wilayah Ciayumajakuning mulai dilakukan pada tahun lalu. Guna mendukung program tersebut, BI menggelar focus group discussion (FGD) dengan mengundang Pemda se-Ciayumajakuning untuk membahas hal tersebut. 

"Dalam FGD tersebut membahas elektronifikasi dalam transaksi keuangan Pemda agar tidak ada lagi pembayaran menggunakan sistem cash," ungkap Rawindra, Kamis (19/4/2018).

Diskusi tersebut menyebutkan bahwa penerapan sistem elektronifikasi di Ciayumajakuning sudah mulai berjalan lancar. Kota Cirebon dinilai sebagai yang terdepan. “Semuanya sudah tersistem, tapi untuk pemasukan retribusi masih menggunakan cash, belum full,” terang Rawindra.

Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan sistem elektronifikasi harus mencapai 75% pada 2019 nanti. Sebab, dengan menerapkan sistem ini, pendapatan daerah bisa meningkat sekitar dua sampai tiga kali lipat.

Selain itu, penerapan sistem ini sangat membantu dalam mewujudkan good governance karena penerapannya yang lebih transparan dan tidak bisa diotak-atik oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar