Yamaha

3 Hari Terjadi Angin Kencang, Warga Cirebon Diimbau Waspada

  Rabu, 16 September 2020   Erika Lia
Ilustrasi Cuaca

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Angin kencang berpotensi melanda 5 daerah di Wilayah Cirebon selama 3 hari. Masyarakat diimbau mewaspadai dampaknya.

BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka, mengingatkan potensi peningkatan kecepatan angin pada 15-17 September 2020 di Wilayah Cirebon, masing-masing Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.

"Peningkatan kecepatan angin di wilayah ini diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 56 km/jam," kata prakiraan BMKG Kertajati, Ahmad Faa Izyn.

Peningkatan kecepatan angin ini, jelasnya, sebab adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signfikan di wilayah utara dan selatan ekuator.

Terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah utara equator mencapai 990 hPa, sedangkan di wilayah selatan ekuator mulai terbentuk pusat tekanan tinggi (1030 hPa).

"Perbedaan tekanan yang cukup signifikan itu berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di Wilayah Cirebon," ujarnya.

Kondisi itu turut pula didukung faktor lokal Gunung Ciremai. Sejauh ini, kecepatan angin teramati umumnya dari arah tenggara hingga selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 43 km/Jam.

Pihaknya mengimbau masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap dampak secara langsung maupun tak langsung yang dapat ditimbulkan angin kencang.

"Waspadai debu, pohon tumbang, dan kebakaran lahan/hutan," cetusnya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar