Yamaha

Jenuh, Pasien Covid-19 di RSUD Indramayu Kabur Panjat Pagar

  Senin, 21 September 2020   Erika Lia
ilustrasi. (freepik)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Mengaku dilingkupi kejenuhan, seorang pasien Covid-19 melarikan diri dari ruang isolasi RSUD Indramayu. Kejadian itu sempat mencemaskan publik setempat.

Informasi pelarian sang pasien yang belakangan diketahui asal Kecamatan Indramayu itu sebelumnya beredar di media sosial. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara tak menampiknya.

"Benar, ada pasien Covid-19 yang kabur dari rumah sakit," katanya, Senin (21/9/2020).

Pasien tersebut kabur dengan cara memanjat pagar rumah sakit, Minggu (20/9/2020) malam. Dia kemudian diketahui pulang ke rumahnya.

Demi kelanjutan perawatan, pihaknya bersama unsur kecamatan dan puskesmas setempat maupun TNI dan Polri, membujuk pasien untuk kembali ke rumah sakit.

"Kami bujuk agar pasien mau kembali ke rumah sakit," ujarnya.

Proses itu nyatanya tidaklah mudah. Pasien sempat enggan kembali ke rumah karena jenuh.

Selain itu, dia merasa terasing dari dan mencemaskan penilaian keluarga serta masyarakat atas kondisi kesehatannya. Namun begitu, pasien akhirnya bersedia kembali dikarantina.

"Alhamdulillah, pada Minggu sekitar pukul 23.00 WIB pasien sudah kembali ke rumah sakit," tuturnya.

Menurutnya, sang pasien mengaku selama pelarian itu tak sampai berkontak dengan orang lain.

"Berdasarkan pengakuan, pasien kabur langsung ke rumah dan tak berinteraksi dengan orang lain," cetusnya.

Dia pun mengimbau masyarakat tak lagi mencemaskan situasi tersebut, terlebih sebab saat ini pasien telah kembali ke rumah sakit.

Pasien itu sendiri terkonfirmasi Covid-19 pada 18 September 2020 setelah menjadi salah satu kontak erat dari pasien positif sebelumnya.

Dia rupanya terlacak pula baru pulang dari Bekasi pada 4 September 2020. Dalam tes usap yang dilakoninya kemudian, hasil pengujian sampel pada laboratorium mengonfirmasi dirinya terpapar Covid-19.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar