Yamaha

IDI Pastikan Tes Covid-19 Nakes Gratis

  Selasa, 22 September 2020   Aini Tartinia
Ilustrasi nakes. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faris)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih, menyebut tenaga kesehatan bakal mendapatkan pemeriksaan swab gratis untuk melindungi mereka yang bertugas.

Menurutnya, hal itu telah disetujui oleh Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19.

"Alhamdulillah, untuk proses perlindungan, satgas juga sudah berdiskusi dengan kami untuk pemeriksaan tes PCR secara gratis. Kabarnya sudah mulai berjalan," kata Daeng dalam diskusi virtual “Benteng Terakhir Penanganan Covid-19” di YouTube BNPB, Selasa (22/9/2020).

Daeng mengatakan, sangat dibutuhkan upaya untuk melindungi ketahanan tenaga kesehatan karena risiko kontak langsung dengan pasien Covid-19.

"Kami berharap dengan pemeriksaan rutin ke tenaga kesehatan akan menekan penularan,” ujarnya.

Daeng mendorong pemerintah melakukan testing kepada petugas kesehatan di 9 provinsi prioritas penanganan. Hal itu dilakukan terutama untuk membantu ketahanan tenaga medis di daerah yang tinggi angka penularan Covid-19.

"Kami bersyukur, kami apresiasi petugas kesehatan akan mendapat pemeriksaan gratis meski ini baru dimulai di Jabodetabek," ujarnya.

Berdasarkan catatan IDI, terdapat 117 dokter yang gugur tersebut di antaraya yakni 53 dokter spesialis, 62 dokter umum, dan 2 dokter residen.

"Di pelayanan kesehatan ini, bagi kawan-kawan yang melakukan perawatan kepada saudara kita yang sakit, perlu ditingkatkan perlindungannya," kata Daeng.

Daeng menjelaskan, perlindungan tersebur di antaranya proses pendampingan, menjaga ketersediaan alat pelindung diri (APD).

"Satgas alhamdulillah sudah berusaha untuk men-support APD. Alhamdulillah juga satgas akan memberikan perlindungan dalam bentuk pemeriksaan PCR secara gratis, ini sangat berarti bagi kami," lanjutnya.    


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar