Yamaha

Pengurusan Jenazah Disarankan Libatkan Aparat & MUI, Filter Informasi juga Perlu

  Selasa, 06 Oktober 2020   Erika Lia
Bupati Cirebon Imron Rosyadi (Erika/Ayocirebon)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Bupati Cirebon, Imron Rosyadi meminta rumah sakit melibatkan aparat dan MUI dalam proses pengurusan jenazah penderita Covid-19. Masyarakat pun diminta lebih aktif menyaring informasi.

Menyusul insiden pembukaan paksa peti jenazah penderita Covid-19 di Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon pada Minggu (4/10/2020) yang videonya beredar di jagat maya, Imron mengusulkan adanya pengawalan oleh aparat berwenang.

"Sebaiknya rumah sakit juga berkoordinasi dengan gugus tugas untuk meminta bantuan pengawalan dari kepolisian dan TNI," katanya.

Pihak rumah sakit pun bisa menggandeng MUI atau lembaga lain yang paham pengurusan jenazah sesuai nilai-nilai keagamaan.

Keterlibatan lembaga keagamaan dipandang akan membuat masyarakat menjadi lebih tenang dan yakin ihwal tata cara pengurusan jenazah Covid-19.

"Kalau ada yang kompeten dalam hal pengurusan jenazah sesuai agama, bisa dilibatkan. Ini akan membuat keluarga pasien yang meninggal menjadi lebih tenang," ungkapnya.

Di sisi lain, mantan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Cirebon ini pula meminta masyarakat untuk lebih aktif menyaring informasi yang beredar. Dia mengingatkan, tak sedikit informasi yang nyatanya tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Banyak informasi bohong yang beredar, dampaknya besar terhadap penanganan Covid-19," cetusnya.

Dia mengakui, jumlah penderita Covid-19 di Kabupaten Cirebon saat ini terus meningkat. Namun, hal ini juga merupakan efek tingginya intensitas tes usap yang dilakukan Pemkab Cirebon kepada masyarakat dari berbagai kalangan.

Dia memastikan, upaya menekan penyebaran Covid-19 terus dilakukan di Kabupaten Cirebon. Semua pihak, termasuk masyarakat diharapkan bekerjasama memerangi penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

"Bukan hanya kesehatan, dampaknya juga ke sektor ekonomi," tegasnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar