Yamaha

Menaker: BLT Pekerja Termin 2 Diupayakan Cair Sebelum November

  Kamis, 08 Oktober 2020   Aini Tartinia
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (istimewa)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Simak jadwal pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) pekerja formal senilai Rp1,2 juta untuk termin 2 ini, apakah kalian termasuk?

Pada awalnya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menargetkan sebanyak 15,7 juta pekerja mendapat transferan pertama Rp1,2 juta di rekening mereka. Sayangnya, pihak BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek hanya mengantongi data sebanyak 14,8 juta dan ini lebih sedikit dari target awal.

Dari sejumlah data tersebut, hanya 12,4 juta data berhasil lolos tahapan validasi dan berhak mendapat bantuan sesuai Permenaker No.14 Tahun 2020. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, sempat menyatakan bahwa pencairan BLT atau BSU termin 2 diusahakan bisa dicairkan sebelum November 2020.

"Untuk subsidi gaji November dan Desember, kami upayakan sebelum tiba November akan kami salurkan subsidi untuk termin kedua," ujar Ida Fauziyah dalam telekonferensi pers, Kamis (1/10/2020).

Kemnaker juga mengungkapkan bahwa pihaknya membuka layanan sistem ketenagakerjaan yang juga memuat tentang pencairan BLT atau BSU ini. Berikut cara bagi yang belum memiliki akun kemnaker.go.id :

Pertama, bagi yang belum memiliki akun, kalian dapat registrasi terlebih dahulu. Di menu 'Masuk' yang sebelumnya muncul, pilih 'Daftar Sekarang' di bagian paling bawah. Pada halaman yang muncul, pekerja akan diminta untuk melengkapi data yang berhubungan dengan biodata dan akun.

Kedua, pada bagian biodata, silahkan masukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nama ibu kandung.

Ketiga, pada bagian akun, silakan masukkan data alamat email yang aktif, nomor handphone, dan password. Klik 'Daftar Sekarang' di bagian paling bawah.

Keempat, Jika setelah menekan tombol 'Daftar Sekarang' tidak ada kesalahan, proses pendaftaran atau registrasi telah selesai dan pekerja telah memiliki akun kemnaker.go.id

Kelima, setelah proses pendaftaran selesai, masuk kembali ke akun kemnaker.go.id dan lengkapi profil yang dibutuhkan. Setelah berhasil, kunjungi profil akun kemnaker.go.id dan akan ada pemberitahuan tentang status pekerja telah terdaftar untuk mendapatkan BLT atau BSU atau belum.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar