Yamaha

Pandemi Covid-19, Jumlah Hewan Penerima Vaksin Rabies di Indramayu Meningkat

  Kamis, 15 Oktober 2020   Erika Lia
Seekor kucing menerima vaksin rabies di Kabupaten Indramayu. (Erika/Ayocirebon)
INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Di tengah pandemi Covid-19, jumlah hewan yang beroleh vaksin rabies di Kabupaten Indramayu meningkat.
 
Sebanyak 850 ekor hewan peliharaan di Kabupaten Indramayu disuntik vaksin rabies, bertepatan dengan Hari Rabies Sedunia sekaligus peringatan HUT Ke-493 Kabupaten Indramayu, Kamis (15/10/2020).
 
Jumlah hewan yang beroleh vaksin gratis dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu tahun ini diketahui lebih banyak dibanding tahun lalu, sejumlah 250 ekor.
 
Otoritas setempat mengutamakan hewan-hewan yang dapat menularkan rabies, seperti kucing, anjing, monyet, dan musang.
 
Kepala UPTD Puskeswan Indramayu, drh. Arundhina menyebut, peningkatan jumlah hewan yang menerima vaksin rabies sebab masyarakat setempat mulai menyadari pentingnya vaksin, seiring pandemi Covid-19 yang belum pula usai.
 
"Saat pandemi ini, masyarakat semakin memahami bahaya virus, terutama mereka yang memelihara hewan jenis kucing, anjing, monyet, dan musang," tuturnya.
 
Antusiasme pemilik hewan tampak ketika sepanjang 3 hari masa pendaftaran vaksin rabies dibuka, sebanyak 500 ekor hewan terdaftar. Dalam tempo waktu 3 hari berikutnya, jumlahnya meningkat menjadi 850 ekor.
 
Namun, imbuhnya, kuota vaksin dari Provinsi Jawa Barat sudah habis. Pemilik hewan bisa mendaftarkan peliharaannya lagi tahun depan.
 
Untuk ini, masyarakat yang memiliki hewan peliharaan bisa mendaftarkan peliharaannya melalui link yang disediakan. Setelah didata, setiap hewan peliharaan akan menerima jadwal pemberian vaksin.
 
"Makanya, pemilik hewan yang mendadak datang tak bisa mendapatkan vaksin. Harus daftar dulu secara online," jelasnya seraya menambahkan, penjadwalan dilakukan guna menghindari kerumunan pada ruang pelayanan.
 
Pemberian vaksin disebar di 7 lokasi di Kabupaten Indramayu, masing-masing Kantor UPTD Puskesmas Indramayu, Kantor Kecamatan Karangampel, Kantor Kecamatan Jatibarang, Puskeswan Cikedung, Kecamatan Bongas, Puskeswan Gantar, dan Kecamatan Patrol.
 
Hewan peliharaan yang akan disuntik vaksin rabies disyaratkan dalam kondisi sehat, dengan suhu tubuh 37,8-39,2 C. Di atas itu, pemberian vaksin akan ditunda sementara waktu dan bisa datang kembali sesuai waktu yang dijadwalkan.
 
"Hewan bersuhu tinggi bisa karena stres, demam, dan lainnya. Jadi, pemberian vaksin dipending (ditunda) sampai suhu tubuh hewan normal karena pemberian vaksin syaratnya harus sehat," terangnya.
 
Suntik vaksin rabies bagi hewan peliharaan itu sendiri dilakukan untuk menekan kasus rabies di Kabupaten Indramayu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar