Yamaha

Balita 5 Bulan Jadi Pasien Termuda Covid-19 di Kabupaten Indramayu

  Sabtu, 17 Oktober 2020   Erika Lia
Ilustrasi. (Pixabay)
INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Seorang balita berusia 5 bulan menjadi pasien Covid-19 termuda di Kabupaten Indramayu. 
 
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara menerangkan, sang balita terpapar virus dari ayahnya yang telah lebih dulu terkonfirmasi positif.
 
"Ayah balita ini kontak erat dari pasien Covid-19 yang sudah terkonfirmasi pada 9 Oktober," kata Deden yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu ini.
 
Sang balita sendiri terkonfirmasi positif pada 14 Oktober 2020. Sejauh ini, dengan pertimbangan tanpa gejala (asimtomatik), balita itu menjalani karantina mandiri di rumahnya.
 
Dalam kondisi asimtomatik, balita tersebut kini masih dalam perawatan orang tuanya. Deden menyebut, sang ibu sendiri negatif Covid-19 dan tetap dapat menyusui anaknya.
 
"Ibunya negatif karena balita ini terpapar dari ayahnya," katanya.
 
Kondisi sang balita pun menambah jumlah balita yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu. Sejak kasus Covid-19 merebak hingga kini, sudah 10 balita terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit menular Covid-19.
 
Seluruh balita diketahui merupakan pasien asimtomatik. Deden mengakui, balita rentan terpapar virus, terutama dari orang tuanya.
 
"Makanya, kepada mereka butuh penanganan cepat," ujarnya.
 
Pihaknya mengimbau agar orang tua menghindari membawa balita saat melakukan perjalanan atau mendatangi tempat-tempat ramai, seperti pasar atau mal. Bila mendesak, balita harus diproteksi dengan masker dan face shield.(erika lia)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar