Yamaha

Jika Kendaraan Makin Padat di GT Palimanan, Begini Rekayasa Lalu Lintas yang Akan Dilakukan

  Rabu, 28 Oktober 2020   Erika Lia
GT Palimanan Tol Cipali

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Memasuki libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, peningkatan arus lalu lintas di Tol Cipali telah terjadi sejak pagi. Kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas bila terjadi kepadatan.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi yang memantau arus kendaraan di GT Palimanan Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, memastikan situasi masih ramai lancar. Peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mulai terlihat sejak pagi.

"Tidak ada penumpukan penumpukan arus lalu lintas di GT Palimanan, meski ada peningkatan volume kendaraan. Antrian kendaraan di GT Palimanan juga belum mencapai 1 km," ucapnya, Rabu (28/10/2020).

Setiap jam, setidaknya 1.500-2.000 unit kendaraan melintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah di GT Palimanan Tol Cipali.

Namun begitu, bila terjadi penumpukan volume kendaraan, jajarannya siap memberlakukan rekayasa arus lalu lintas. Langkah itu harus dilakukan demi keamanan, ketertiban, keselamatan, dan kelancaran arus kendaraan.

Rekayasa lalu lintas pula telah disiapkan kala arus kendaraan di GT Palimanan mengalami kepadatan. Ketika arus lalu lintas mulai padat, kendaraan akan dialihkan di gerbang tol sebelumnya.

"Kalau di GT Palimanan Tol Cipali padat, kendaraan akan dikeluarkan di GT Sumberjaya, Kabupaten Majalengka," ungkapnya.

Rekayasa ini berlaku juga saat kepadatan arus kendaraan di gerbang tol lain di wilayah Kabupaten Cirebon terjadi. Kendaraan akan kembali diizinkan masuk ke jalur tol setelah melewati wilayah Kabupaten Cirebon.

Begitupun bila terjadi kepadatan arus kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di GT Palimanan Tol Cipali. Kendaraan akan dikeluarkan dari jalur tol di GT Plumbon Tol Palikanci dan diizinkan masuk kembali setelah melintasi wilayah Kabupaten Cirebon.

"Rekayasa ini akan diterapkan ketika antrean kendaraan di gerbang tol mencapai 1-5 km," cetusnya.

Normalisasi arus kendaraan akan kembali dilakukan ketika lalu lintas sudah terurai atau antrian habis. Rekayasa arus lalu lintas dilaksanakan bersama polres sekitar.

General Manager Operation ASTRA Tol Cipali, Suyitno menyebut, arus lalu lintas di Tol Cipali masih ramai lancar. Kendaraan golongan 1 atau berpenumpang, seperti sedan, jip, pick-up, truk kecil, dan bus, mendominasi tren lalu lintas.

"Kami perkirakan pengguna jalan merupakan warga yang hendak berwisata dan pulang kampung ke Wilayah Cirebon maupun Jawa Tengah dan sekitarnya," paparnya, Rabu (28/10/2020).

Volume lalu lintas di Tol Cipali pada Selasa (27/10/2020) sendiri meningkat sekitar 48% dari rata-rata harian saat kondisi normal 31.000 kendaraan dengan volume kendaraan mencapai 46.000 kendaraan.

Pihaknya mengharapkan setiap pengendara selalu memantau lalu lintas di rute yang akan dilalui agar perjalanan nyaman. Hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan pun harus dilakukan, di antaranya memastikan kendaraan prima, fokus pada rambu lalu lintas, dan bila perlu memasang aplikasi penunjuk arah.

"Kami menyiapkan 8 tempat istirahat dan pelayanan (TIP/rest area) dengan fasilitas nyaman dan sesuai protokol kesehatan," ujarnya. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar