Yamaha

Beres Libur Panjang, Indramayu Catat Tambahan Covid-19 Terbanyak

  Kamis, 05 November 2020   Erika Lia
Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon melonjak drastis tak lama setelah libur panjang cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad Saw berakhir.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara menyebut, terjadi penambahan 23 kasus positif baru awal November ini.

Peningkatan jumlah itu menjadi catatan khusus, mengingat terjadi secara signifikan hanya dalam waktu sehari. Di Kabupaten Indramayu sendiri, jumlah itu menjadi yang terbanyak sejak virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 mewabah secara global.

"Dalam sehari ada penambahan 23, kasus baru, ini terbanyak," cetusnya, Kamis (5/11/2020).

Pihaknya kembali mengingatkan warga tetap berhati-hati dan waspada karena pandemi belum berakhir. Masyarakat diminta tak abai menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

"Selalu patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3 M (mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak)," imbaunya.

Dari 23 pasien baru itu sendiri, sebanyak 10 orang di antaranya merupakan tenaga kesehatan, 7 ibu rumah tangga, 4 wiraswasta, seorang mahasiswa, dan seorang pelajar.

Sebaran kasus di 11 kecamatan berbeda, meliputi Kecamatan Anjatan sebanyak 6 orang, Kecamatan Jatibarang 4 orang, Kecamatan Losarang 3 orang, Kecamatan Kroya 2 orang, serta Kecamatan Patrol 2 orang.

Ada pula Kecamatan Haurgeulis, Kecamatan Lohbener, Kecamatan Cantigi, Kecamatan Juntinyuat, Kecamatan Kandanghaur, dan Kecamatan Indramayu masing-masing 1 orang.

Menurutnya, sebagian besar pasien terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil tracing yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 setempat, setelah mereka diketahui merupakan kontak erat dari pasien positif sebelumnya.

"Ada juga pasien yang terkonfirmasi positif setelah menjalani tes usap, maupun pasien suspek yang sebelumnya sudah dirawat di rumah sakit," terangnya.

Saat ini, lanjutnya, sebagian dari mereka menjalani karantina mandiri sampai rumah sakit rujukan siap. Sementara, sebagian pasien lain sudah dirawat di ruang isolasi rumah sakit.

"Kontak erat dari seluruh pasien masih dalam pendataan," tambahnya.

Sejauh ini, total tercatat 393 pasien Covid-19 di Kabupaten Indramayu. Rinciannya, 21 pasien meninggal dunia, 158 masih dalam perawatan di rumah sakit maupun karantina mandiri, dan 214 pasien pulih.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar