bank bjb
  

Seluruh Santri Ponpes Husnul Khotimah Pulih

  Jumat, 06 November 2020   Erika Lia
Seluruh Santri Ponpes Husnul Khotimah Pulih
Ilustrasi santri. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faris)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Para santri dan pegawai pada Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah, Kabupaten Kuningan, yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19 pulih seluruhnya.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan, Indra Bayu meyakinkan, saat ini sudah tak ada kasus Covid-19 di ponpes tersebut. Seluruh santri yang sebelumnya terpapar dan kini pulih, sudah dipulangkan ke kampung halamannya.

"Kasus Covid-19 di Ponpes Husnul Khotimah sudah sembuh semua," katanya, Jumat (6/11/2020).

Selain santri yang telah pulih, santri lain yang tidak terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 pun sebelumnya telah dipulangkan. Pihaknya berharap tak lagi ditemukan kasus di ponpes tersebut.

Seluruh pihak diingatkan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, mulai mengenakan masker, mencuci tangan dengan rutin, dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

Juru bicara Ponpes Husnul Khotimah, Sanwani menyebut, setidaknya 420 orang di ponpes tersebut sebelumnya terkonfirmasi positif. Sebanyak 405 orang di antaranya santri dan sisanya pegawai ponpes.

"Alhamdulillah sekarang semua sudah sembuh. Santri juga sudah dipulangkan semua," tuturnya.

Memasuki akhir September lalu, kasus Covid-19 di Ponpes Husnul Khotimah diketahui terjadi pada September lalu. Sejak itu, pihaknya telah mengupayakan penanganan, salah satunya melakukan tes usap bagi sekitar 2.000 santri dan pegawai yang berkontak erat dengan pasien positif.

Tes usap itu dilaksanakan bertahap. Jumlah santri di Ponpes Husnul Khotimah sendiri sekitar 4.400 orang.

Dari hasil tes usap, santri yang terkonfirmasi Covid-19 dikarantina di lingkungan ponpes. Mereka baru dipulangkan ke daerahnya masing-masing ketika dinyatakan pulih.

Sementara, santri yang tak terpapar Covid-19 dan dinyatakan sehat pula langsung dipulangkan ke daerah masing-masing. Kegiatan belajar mengajar di ponpes pun terhenti hingga kini.

Kedati seluruh santri dan pegawai pulih, belum ditentukan waktu bagi mereka untuk kembali ke ponpes. Pihaknya akan lebih dulu berkoordinasi dengan Pemkab Kuningan, dalam hal ini satgas setempat.

"Ponpes juga juga harus menyiapkan segala sesuatunya dulu," cetusnya.

Sampai Jumat (6/11/2020), tercatat 853 kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan. Dari jumlah itu, 15 pasien meninggal dunia, 61 pasien masih dalam perawatan di rumah sakit maupun karantina mandiri, dan 777 pulih.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar