Yamaha

Diprediksi Tahun Depan, Puluhan Nakes di Kabupaten Cirebon Dilatih jadi Vaksinator

  Sabtu, 07 November 2020   Erika Lia
Sejumlah nakes di ruang isolasi RSUD Waled, Kabupaten Cirebon, yang menjadi tempat perawatan pasien Covid-19. (ayocirebon/Erika Lia)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Sebanyak 61 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Cirebon dilatih sebagai vaksinator. Bentuk persiapan kala vaksin Covid-19 disebar.

Sampai kini, otoritas kesehatan setempat belum beroleh informasi resmi ihwal penyebaran vaksin. Meski begitu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menyatakan, sumber daya manusia untuk pemanfaatan vaksin Covid-19 kelak telah disiapkan.

"Ada 61 nakes di Kabupaten Cirebon yang sudah dilatih sebagai vaksinator," katanya.

Ke-61 nakes itu berasal dari 60 puskesmas se-Kabupaten Cirebon dan seorang dari Dinkes setempat yang bertindak sebagai koordinator. Mereka dilatih selama sepekan secara daring.

Sekalipun belum beroleh informasi resmi, Enny memperkirakan kehadiran vaksin di Kabupaten Cirebon pada Januari 2021.

"Vaksin Belum ada informasi resmi kepastian waktunya, tapi kemungkinan Januari," ujarnya.

Kendati begitu, tak semua warga bisa mengakses vaksin. Rencananya, pemberian vaksin akan diprioritaskan bagi masyarakat yang berisiko tinggi, seperti nakes, TNI, Polri, dan kelompok risiko tinggi lainnya 

Dia mengingatkan, sampai kini penambahan kasus Covid-19 masih terjadi di Kabupaten Cirebon. Para pasien positif berasal dari beragam kalangan.

Di antara pasien positif, lebih dari 100 orang di antaranya merupakan nakes, baik yang bertugas di puskesmas maupun rumah sakit. Nakes meninggal dunia sejauh ini disebutnya seorang saja.

"Siapa saja bisa kena (Covid-19). Pemda sudah laksanakan protokol kesehatan (prokes), tapi penerapannya tergantung pada kedisiplinan setiap orang," tandasnya.


 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar