Yamaha

Gempa Guncang Kuningan Tadi Malam, BMKG: Situasi Kondusif dan Tak Ada Potensi Tsunami

  Rabu, 18 November 2020   Erika Lia
Gempa bumi berkekuatan M=3,1 mengguncang Kabupaten Kuningan dan sekitarnya semalam.(BMKG)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Gempa bumi Tektonik berkekuatan Magnitudo 3,1 mengguncang wilayah Kabupaten Kuningan dan sekitarnya, semalam. Otoritas setempat memastikan situasi masih kondusif.

BMKG mencatat, gempa bumi terjadi Selasa (17/11/2020) pukul 23:21:36 WIB. Episenter terletak pada koordinat 6.9 LS dan 108.47 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Barat Laut Kabupaten Kuningan, pada kedalaman 6 km.

Gempa bumi dipastikan tak berpotensi tsunami. Hingga Rabu (18/11/2020) pukul 00:05 WIB, hasil monitoring BMKG tak menunjukkan aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Ciremai di sekitar Kuningan.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kuningan dengan Skala Intensitas II MMI. Artinya, Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," terangnya.

Sejauh ini, pihaknya memastikan belum ada laporan ihwal kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tak terpengaruh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat diminta memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Sementara, BPBD Kabupaten Kuningan menginformasikan, getaran gempa bumi terasa di bagian barat Kabupaten Kuningan. Lama guncangan bervariasi, berkisar 1-2 detik, di antaranya di Kawahmanuk, Desa Jagara, Kecamatan Darma, Desa Jambar, Kecamatan Kadugede, Desa Cigugur, Cipari, Cisantana, Cigadung, dan Puncak di Kecamatan Cigugur, Desa Ancaran dan Ciporang di Kecamatan Kuningan, Desa Jalaksana, Sangkanherang, dan Sembawa di Kecakatan Jalaksana, Desa Garatengah di Kecamatan Japara, Desa Bandorasa Kulon Kecamatan Cilimus, serta Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar