Yamaha

Kesal Jalan Desa Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Balongan Tanam Pohon Pisang di Lubang Jalan

  Rabu, 18 November 2020   Erika Lia
Warga menanam pohon pisang di atas jalan berlubang sebagai bentuk protes sekaligus permintaan perbaikan.(Ayocirebon/Erika)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Kecewa dengan jalan berlubang yang tak kunjung diperbaiki, warga di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, menanam pohon pisang.

Pohon pisang diletakkan di beberapa titik jalan berlubang, mulai area Desa Balongan hingga Desa Tegalurung. Mereka berharap, aksi itu beroleh atensi otoritas setempat dan menindaklanjutinya dengan perbaikan.

"Banyak warga yang sudah mengeluhkan jalan rusak, tapi sampai sekarang belum diperbaiki," ungkap Ketua RW Desa Balongan, Sariman.

Tak hanya mengancam keselamatan jiwa, aspal yang terkelupas membuat bagian bawah jalan menguarkan debu. Tak hanya pernafasan, debu yang beterbangan tak jarang mengganggu pandangan para pengendara yang melintas.

Sariman menyebut, jalan rusak telah berlangsung setidaknya setahun terakhir. Selama itu, belum ada perbaikan yang mengatasi persoalan sarana publik tersebut.

"Kadang kan membahayakan, pengendara bisa jatuh atau terserempet kendaraan lain ketika sedang mencoba menghindari lubang," ujarnya.

Situasi itu diperparah dengan fasilitas penerangan jalan umum (PJU) yang rusak. Tak ayal, jalanan gelap saat matahari tenggelam dan ancaman keselamatan jiwa pun membesar.

Warga pun meminta pihak terkait menaruh atensi pada persoalan ini. Mereka tak menghendaki korban berjatuhan akibat jalan rusak.

"Kami mohon perbaikan, ini sudah meresahkan," pintanya.

Menanam pohon pisang, lanjutnya, hanyalah bentuk protes awal masyarakat atas keadaan tersebut. Bila tak kunjung diperbaiki, mereka akan melakukan upaya lain untuk 'membangunkan' kesadaran otoritas.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar