Yamaha

Begini Cara Cek Hoaks di WhatsApp

  Jumat, 20 November 2020   Suara.com
WhatsApp. (Pixabay.com)

LENGKONG, AYOCIREBON.COM -- Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), pada Kamis (19/11/2020) mengatakan bahwa telah tersedia cara cek hoaks di WhatsApp yang diyakini bisa memudahkan publik terhindar dari informasi bohong dan menyesatkan di internet.

Mafindo bersama WhatsApp telah mengembangkan chatBot Kalimasada yang bisa dijadikan alat atau wadah bagi publik yang ingin memeriksa apakah sebuah informasi hoaks atau bukan.

"Caranya mudah, pengguna bisa langsung mengetik kata kunci dengan menghubungi nomor Kalimasada di +62-859-2160-0500," jelas Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho, Kamis (19/11/2020).

Septiaji memaparkan, ChatBot Kalimasada ini memiliki database berjumlah lebih dari 6.000 artikel. Artikel tersebut berisi tentang informasi kabar yang beredar di masyarakat, baik itu isu Covid-19, politik, hingga sosial.

"Artikel-artikel ini otomatis bisa diakses lewat Kalimasada. Ketika tim kami sudah mengunggah artikel di website, maka mereka langsung bisa mengakses lewat chatbot tersebut," tambah Septiaji.

Selain menemukan kata kunci, Septiaji menjelaskan bahwa Kalimasada juga sudah diberi fitur tambahan. Misalnya, ketika masyarakat ingin mengetahui isu terbaru, mereka tinggal mengakses berita tersebut lewat menu dan sekaligus membagikannya lewat pesan.

"WhatsApp merupakan aplikasi populer bagi masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka yang bisa menggunakan WhatsApp tetapi tidak bisa mencari informasi di internet. Dengan ini, Kalimasada diharapkan menjadi solusi bagi mereka yang ingin mengetahui kebenaran kabar yang beredar," beber dia.


Sebelumnya WhatsApp juga mengatakan telah memblokir secara permanen sekitar 2 juta akun yang diyakini menyebarkan hoaks di Indonesia.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar