bank bjb
  

Abrasi Sungai, Pemukiman Warga di Kabupaten Majalengka Terancam

  Senin, 30 November 2020   Erika Lia
Abrasi Sungai, Pemukiman Warga di Kabupaten Majalengka Terancam
Warga dan anggota Kodim 0617/Majalengka mendirikan pembatas bambu untuk mengantisipasi dampak abrasi Sungai Cikamangi (istimewa)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Sedikitnya 3 rumah di Desa Bongas Kulon, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, terancam terdampak abrasi Sungai Cikamangi. Derasnya aliran air membuat sungai meluap dan merobohkan tanah pada sisi sungai. 

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto menjelaskan, longsor bibir sungai atau abrasi tersebut terjadi setelah hujan berintensitas tinggi mengguyur Sumberjaya sejak Minggu (29/11/2020).

"Alhamdulillah, tak ada korban jiwa. Kami sudah menerjunkan anggota dan mengecek keadaan," katanya didampingi Danramil 1711/Sumberjaya, Kapten Caj Murta, Senin (30/11/2020).

Sejauh ini, abrasi menyebabkan cerukan tanah pada tepian sungai. Sebagai antisipasi, didirikanlah pembatas yang terbuat dari bambu di sekitar lokasi.

Meski begitu, masyarakat diimbau tetap waspada. Pihaknya pun berencana memperbaiki sisi sungai yang longsor.

"Kami bersama aparat desa dan warga sekitar akan kerja bakti memperbaikinya," ujarnya.

Kepala Desa Bongas Kulon, Jaenudin berharap pemasangan bronjong atau upaya pengedaman di sisi sungai. Bila tidak, rumah-rumah warga akan ambruk ke sungai.

"Kami harapkan bantuan dari pemerintah untuk mengantisipasi bencana. Sementara ini, kami akan memperbaiki dengan alat seadanya agar abrasi tak meluas," tuturnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar