bank bjb
  
Yamaha

Pulihkan Ekonomi di Masa Covid-19, Puluhan Hotel dan Restoran di Kota Cirebon Disawer Rp22 Miliar

  Rabu, 02 Desember 2020   Erika Lia
Pulihkan Ekonomi di Masa Covid-19, Puluhan Hotel dan Restoran di Kota Cirebon Disawer Rp22 Miliar
Pengukuran suhu tubuh bagi pengunjung salah satu hotel di Kota Cirebon. (Ayocirebon.com/Erika)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Puluhan hotel dan restoran di Kota Cirebon beroleh dana hibah dari pemerintah pusat sekitar Rp22 miliar.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Agus Suherman menjelaskan, bantuan itu dimaksudkan untuk penguatan dan pemulihan sektor pariwisata. Selain itu, dana tersebut difokuskan pula untuk membantu para pelaku usaha dan memulihkan ekonomi sebagai dampak Covid-19.

"Bantuan ini terkait penguatan prokes melalui CHASE di hotel dan restoran di Kota Cirebon untuk penguatan dan pemulihan sektor pariwisata dan perekonomian," terangnya.

Dana hibah sendiri bersumber dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Saat ini, bantuan yang diberikan baru sekitar 50%, sedangkan sisanya dijanjikan menyusul segera.

Dari jumlah bantuan tersebut, lanjutnya, 70% dialokasikan bagi pelaku usaha hotel dan restoran. Sementara, 30% dialokasikan untuk penguatan APBD Kota Cirebon.

"Untuk penguatan APBD di antaranya bisa dimanfaatkan melalui kegiatan bimbingan teknis, menopang kebersihan di Kota Cirebon, pemeliharaan taman, dan lainnya," paparnya.

Sementara, hotel dan restoran yang dinilai telah berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah Kota Cirebon berhak menerima bantuan ini.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati menyebut bantuan ini layak diapresiasi dan disyukuri. Dia memandang, pemberian bantuan ini mengandung hikmah baiknya komunikasi antara Pemda dengan pelaku usaha.

"Manfaatkan bantuan ini sebaiknya agar usaha hotel dan restoran yang menunjang pariwisata bisa berjalan baik," pesannya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar