bank bjb
  
Yamaha

Diguyur Hujan 6 Jam, Tebing di Kabupaten Kuningan Longsor

  Rabu, 16 Desember 2020   Erika Lia
Diguyur Hujan 6 Jam, Tebing di Kabupaten Kuningan Longsor
Tebing longsor menutup akses jalan desa Padahurip-Selajambe di Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan. (ist)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Tanah longsor menutup akses jalan desa Padahurip-Selajambe, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, sepanjang sekitar 15 m.

Longsor terjadi pada tebing di Jalan Raya Desa Padahurip-Selajambe, Blok Jahura Kebon Kopi RT 6/2, Desa Padahurip, Kecamatan Selajambe, Selasa (14/12/2020) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu memastikan, kejadian itu hanya berdampak pada penutupan akses jalan desa setempat. Tak ada korban jiwa.

"Korban jiwa nihil, tebing longsor menutup akses jalan desa Padahurip-Selajambe sepanjang sekitar 15 m," ungkapnya, Rabu (16/12/2020).

Kendaraan roda 4 dan roda 2 pun tak bisa melintasi jalan tersebut. Dia menerangkan, tanah longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan itu selama sekitar 6 jam, sejak siang sampai petang hari.

Pihaknya sejauh ini telah menurunkan tim assessment dan berkoordinasi dengan dengan TNI, Polri, maupun instansi terkait lain. Demi keselamatan, garis polisi dipasang di sekitar area longsor untuk mengingatkan orang tak melintasi area berpotensi bahaya itu.

"Kami imbau masyarakat hati-hati dan tak melintasi area sekitar," ujarnya.

Hari ini, tim akan menangani material longsor menggunakan alat berat. Di samping itu, pihaknya pula mengupayakan pengerahan massa untuk membuka jalan bagi masyarakat pejalan kaki agar dapat melewatinya.

Penanganan material longsor diutamakan pada jalan utama ke Desa Padahurip. Meski jalan utama tertutup tanah longsor, warga dapat memanfaatkan jalan alternatif lain.

"Jalan utama tertutup, tapi ada jalan alternatif. Hanya memang harus memutar cukup jauh," cetusnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar