Yamaha

KULINER CIREBON: 5 Rumah Makan Empal Gentong Wajib Dikunjungi saat ke Cirebon

  Jumat, 26 Maret 2021   A. Dadan Muhanda
Empal Gentong/ Erika Lia ayocirebon

CIREBON, AYOCIREBON— Empal gentong belakangan menjadi kuliner khas Cirebon yang populer. Bagi wisatawan luar Cirebon, rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi makanan ini.

Di masa silam, empal gentong konon merupakan makanan mewah yang hanya disajikan kepada orang-orang ningrat dan berduit. "Empal gentong muncul sekitar abad ke-19 seiring industri gula di Cirebon," ungkap pemerhati budaya Cirebon yang juga pengajar budaya dan seni pada Politeknik Pariwisata Prima Internasional Cirebon, Mustaqim Asteja kepada Ayocirebon.com, Jumat (3/7/2020).

Meski belum diketahui pasti kemunculan pertamanya, empal gentong diyakini sebagai hasil cipta rasa atas kekayaan alam Indonesia berupa rempah-rempah. Bumbu rempah yang berpadu dengan potongan daging membuat olahan gulai khas Cirebon ini bertahan sampai kini. Eksistensi empal gentong tak terusik, walau bahan elementernya berganti.

Dahulu, empal gentong diketahui menggunakan daging kerbau, berbeda dengan sekarang yang memanfaatkan daging sapi. "Dulu empal gentong pakai daging kerbau karena banyak jumlahnya," ujar Mustaqim yang dikenal pula sebagai pendiri komunitas Kendi Pertula ini.

Jika kalian ingin mencicipi Empal Gentong, ada 5 tempat favorit yang biasa dikunjungi oleh warga Cirebon maupun wisatawan luar kota. Berikut 5 tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi:
 

1.Empal Gentong dan Nasi Lengko Ibu Nur

Lokasi Empal Gentong Ibu Nur ada Cangkring 2 No.34, Kecamatan Kejaksan. Selain empal gentong, Bu Nur juga menyediakan empal asem dan nasi lengko, dan nasi jamblang.

AYO BACA : Sejarah Docang yang Kini Jadi Kuliner Khas Cirebon

Tempat  rumah makannya bersih, Buka mulau pukul pukul 07.00 - 21.00. Tapi kalau sedang ramai, biasanya sudah habis saat sore hari.

Rasa antara empal gentong kuah santan dan empal gentong asem sama-sama nikmat dan gurih. Kuah santan di empal gentong terasa pas di lidah, dengan isian potongan daging yang lembut.

Sementara kuah empal gentong asem tidak begitu menyengat karena menggunakan belimbing hulu. Kalian yang suka pedas, di rumah makan ini menyediakan bubuk cabai.

2.Empang Gentong H. Apud

Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi empal adalah Empal Gentong H. Apud di Jalan Djuanda. Sebab, lokasinya strategis, parkir luas dan ruang ber-AC. Maklum, cuaca Cirebon yang terkadang panas membuat lokasi ini menjadi favorite

Empal Genting H. Apud sudah terkenal sejak 1994 karena  tekstur dagingnya yang empuk.Ada Empal gentong daging sapi berkuah santan kuning dan empal asem dengan kuah bening). Empal gentong dan empal asem ini bisa dimakan dengan ditemani sepiring nasi putih atau bisa juga dengan potongan lontong. Buka mulai pukul 08.30

 

AYO BACA : Wajib Coba, Ini Kuliner Ikonik Cirebon

3.Empal Gentong Mang Darma

Empal Gentong Mang Darma dirintis sejak tahun 1948. Digadang-gadang, kuliner satu ini merupakan pioner empal gentong di Cirebon. Sejak tahun 1948, Mang Darma berjualan empal gentong secara berkeliling.

Baru beberapa tahun kemudian, Mang Darma memutuskan untuk menyewa lokasi yang sampai sekarang ini digunakan. Kini, Empal Gentong Mang Darma ini diteruskan oleh generasi keempat yakni Radi Agustian.

Empal Gentong Mang Darma ini berlokasi di Jl. Slamet Riadi, Krucuk, Cirebon. Tepatnya berada di sebelah Bank BTN Krucuk. Selain di tempat ini ada juga empal gentong dengan resep Mang Darma yakni milik Empal Gentong Mimi Tyah/Bu Darma yang ditemui di Jl. Diponegoro. Sementara satu lagi bernama Empal Gentong Krucuk Putra Darman, anak Mang Darma.

4.Empal Gentong Krucuk

Empal Gentong Kuruck ada dua tempat. Krucuk 1 dan Krucuk 2. Empal Gentong Krucuk 1 ada di Samping bank BTN Krucuk, Jl. Slamet Riyadi No.1-5, Kesenden. Buka mulau pukul 07.00.

Sementara Krucuk 2 ada di jalan Jl. Ir. H. Juanda No.18, Panembahan, Plered, yang buka mulai jam 09.00 WIB

 

5.Empal Gentong Amarta

Tempat makan yang simple dengan menu empal asem, empal gentong khas Cirebon, dan sate kambing muda. Lokasinya ada Jl. Ir. H. Juanda No.37, Battembat. Empal Gentong Amarta juga menjadi buruan wisatawan karena lokasi strategis dan menunya lengkap.

AYO BACA : Daftar 10 Peserta yang Belum Tampil di Live Showcase Indonesian Idol


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar