bank bjb
  

Penghujung 2020, Lembah Panyaweuyan di Kabupaten Majalengka Kembali Longsor

  Kamis, 31 Desember 2020   Erika Lia
Penghujung 2020, Lembah Panyaweuyan di Kabupaten Majalengka Kembali Longsor
ilustrasi longsor. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Di penghujung tahun, longsor kembali melanda area wisata Lembah Panyaweuyan di Kabupaten Majalengka, Kamis (31/12/2020). Bersamaan itu, pergerakan tanah pula menimpa kawasan pemukiman penduduk.

Longsor kembali terjadi di Blok Jatilima-Cibuluh, Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura. Ini merupakan kali ke-2 dalam sepekan longsor terjadi di lokasi tersebut, setelah pada Selasa (29/12/2020) longsor telah menutup akses jalan.

"Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Argapura menyebabkan tebing setinggi 10 meter di area wisata terasering Panyaweuyan longsor," ungkap Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Majalengka, Reza Permana.

AYO BACA : Jalan Tol Akses Bandara Kertajati-Bandung Ditarget Rampung Akhir 2021

Seperti kejadian sebelumnya, material longsor menimpa jalan. Kali ini kejadian itu bahkan menimbulkan kerusakan pada jalan.

Meski begitu, akses jalan masih dapat dilalui. Hanya, sebagian akses harus terhambat akibat peristiwa itu.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak desa serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Majalengka untuk penanganannya," cetusnya.

AYO BACA : Pengaruhi Tensi Politik, Pilkada Kota Cirebon Diharap Lebihi 2 Paslon

Selain di Desa Tejamulya, longsor juga terjadi di Blok Cikapundung, Desa Dayehwangi, Kecamatan Lemahsugih. Tak ubahnya di Desa Tejamulya, longsor terjadi setelah hujan berintensitas tinggi turun sejak Rabu (30/12/2020) sore.

Longsor terjadi pada lahan pemukiman yang berdekatan dengan kolam milik warga bernama Amari. Meski begitu, tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

"Namun, longsoran masih mengancam rumah tinggal sehingga penghuninya terpaksa diungsikan," tutur Reza seraya menambahkan, BPBD telah berkoordinasi dengan pihak terkait.

Tak hanya longsor, bencana gerakan tanah pun terjadi di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka. Dia mengatakan, hujan intensitas berdurasi lama menyebabkan jalan desa amblas.

AYO BACA : Pandemi Covid-19 Pengaruhi Pemberantasan Narkoba di Kota Cirebon


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar