bank bjb
  
Yamaha

Cara Mudah Cek Penerima PIP dan Tahapan Pencairan Bantuan di pip.kemendikbud.go.id

  Selasa, 05 Januari 2021   A. Dadan Muhanda
Cara Mudah Cek Penerima PIP dan Tahapan Pencairan Bantuan di pip.kemendikbud.go.id
Ilustrai pelajar. Kemendikbud memberikan bantuan lewat Program Indonesia Pintar (PIP) (ayobandung/istimewa)

AYOCIREBON.COM— Pemerintah meluncurkan berbagai bantuan sosial guna memulihkan ekonomi nasional sebagai dampak wabah Covid-19. Salah satu bantuan yang diluncurkan adalah Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP)

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

AYO BACA : Daftar Bantuan PKH 2021 yang Cair 2021 dan cara Cek Penerima

Pencairan PIP dapat dilakukan oleh siswa-siswi dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK yang sudah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Tentunya, terdapat kriteria prioritas kepada anak yang nantinya dapat melakukan pencairan PIP. Orang yang memiliki KIP akan dijadikan sebagai yang lebih membutuhkan. Setelah itu, ada tipe pertimbangan khusus yang meliputi peserta Program Keluarga Harapan, pemegang Kartu Keluarga Sejahtera, anak yatim/piatu, terdampak bencana, mantan siswa drop out, mengalami kelainan fisik, atau sedang menjalankan pendidikan nonformal.
 

Berikut Daftar dan nilai bantuan PIP

1. Para peserta didik SD akan mendapatkan uang sebanyak Rp450.000

AYO BACA : Tips Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja 2021 Gelombang 12

2.  Peserta didik SMP memperoleh Rp750.000,

3. Peserta didik SMA atau SMK dapat Rp1.000.000 setiap tahunnya.

Cara Cek Penerima PIP

Sebelum dapat melakukan pencairan, peserta didik harus mengetahui terlebih dahulu apakah dirinya sudah tercantum sebagai salah satu penerima PIP atau bukan.

Untuk mengetahui hal tersebut cukup mudah. Peserta didik atau orang tua/wali dapat mengakses laman pip.kemendikbud.go.id/home. Sebelum mengakses website tersebut diharapkan menyiapkan data berupa Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN), tanggal lahir peserta didik, dan nama ibu kandungnya.

Ketika membuka laman Kemendikbud khusus penerima Program Indonesia Pintar akan terlihat tiga kolom. Dengan data yang sudah disiapkan, seseorang dapat dengan mudah mengisinya. Lalu, klik tombol cari.

Cara Pencairan PIP

Berdasarkan catatan di jendela.kemdikbud.go.id, jika seseorang ingin melakukan pencairan PIP hanya perlu membawa KIP serta beberapa dokumen yang bisa mensahkan kebenaran akan kepemilikan kartu tersebut.

Setelah sudah memiliki bukti pendukung, peserta didik atau orang tuanya dapat mengambil uang yang diberikan sebagai bantuan di bank penyalur terdekat yang sudah ditetapkan pemerintah di setiap daerah.

AYO BACA : Ibu Hamil Dapat Bansos PKH dari Kemensos Rp 250.000 per bulan, Begini Cara Daftarnya


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar