Yamaha

Bagi Siswa yang Belum Punya KIP, Begini Cara Mudah Dapatkan bantuan PIP Rp 1 Juta

  Selasa, 05 Januari 2021   A. Dadan Muhanda
Melalui Program Kartu Indonesia Pintar siswa dapat bantuan PIP (istimewa/ayobandung.com)

AYOCIREBON.COM— PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Namun, bagaimana jika siswa miskin belum menerima KIP? Seperti dilansir dalam situs pip.kemendikbud.go..id, caranya, siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat.

AYO BACA : Daftar Bantuan PKH 2021 yang Cair 2021 dan cara Cek Penerima

Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/Rw dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

Berikut Daftar dan nilai bantuan PIP

AYO BACA : Cara Mudah Cek Penerima PIP dan Tata Cara Pencairan Bantuan

1. Para peserta didik SD akan mendapatkan uang sebanyak Rp450.000

2.  Peserta didik SMP memperoleh Rp750.000,

3. Peserta didik SMA atau SMK dapat Rp1.000.000 setiap tahunnya.
 

Cara Cek Penerima PIP

Sebelum dapat melakukan pencairan, peserta didik harus mengetahui terlebih dahulu apakah dirinya sudah tercantum sebagai salah satu penerima PIP atau bukan.

Untuk mengetahui hal tersebut cukup mudah. Peserta didik atau orang tua/wali dapat mengakses laman pip.kemendikbud.go.id/home. Sebelum mengakses website tersebut diharapkan menyiapkan data berupa Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN), tanggal lahir peserta didik, dan nama ibu kandungnya.

Ketika membuka laman Kemendikbud khusus penerima Program Indonesia Pintar akan terlihat tiga kolom. Dengan data yang sudah disiapkan, seseorang dapat dengan mudah mengisinya. Lalu, klik tombol cari.

AYO BACA : PKH Kemensos Segera Cair via Rekening BNI, Mandiri


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar