bank bjb
  
Yamaha

Pembelajaran Tatap Muka di Kabupaten Indramayu Batal, Guru Dituntut Ini

  Selasa, 05 Januari 2021   Erika Lia
Pembelajaran Tatap Muka di Kabupaten Indramayu Batal, Guru Dituntut Ini
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Caridin. (Ayocirebon.com/Erika Lia)
INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Pembelajaran tatap muka bagi siswa di Kabupaten Indramayu yang diagendakan awal 2021, batal terlaksana.
 
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Caridin mengungkapkan, hasil rapat evaluasi memutuskan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa sekolah masih akan berlaku di Indramayu. Alasannya, pandemi Covid-19 belum usai.
 
"Ditunda (belajar tatap muka) di Kabupaten Indramayu sampai waktu yang belum ditentukan," ungkapnya.
 
Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberi wewenang bagi masing-masing daerah untuk menentukan izin pembelajaran tatap muka, mulai semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, pada Januari 2021. 
 
Namun, pandemi masih berlangsung sehingga rencana itu dibatalkan. Belakangan, kebijakan ini pun kemudian melahirkan tuntutan baru.
 
Caridin menyatakan, PJJ pada semester ini harus lebih efektif dibanding sebelumnya. Tenaga pengajar harus lebih inovatif dan kreatif untuk memacu semangat belajar para siswa.
 
Dia menunjuk salah satu contoh inovasi yang dilahirkan seorang guru asal Kabupaten Indramayu melalui aplikasi belajar Si Belmi atau Solusi Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi.
 
Melalui aplikasi itu, pembelajaran daring Bahasa Inggris dibuat lebih menyenangkan bagi siswa. Materi pembelajaran juga dirasa lebih efektif dan mudah dipahami.
 
"Kami memotivasi para guru untuk berkreasi dan berinovasi agar pembelajaran daring bagi siswa bisa lebih baik," tandasnya.
 
Lebih jauh, evaluasi dan penyempurnaan atas PJJ akan terus dilakukan pihaknya untuk menghindari kejenuhan bagi siswa.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar