bank bjb
  
Yamaha

Libur Akhir Tahun, Pengunjung Goa Sunyaragi Cirebon Melungsur Tajam

  Rabu, 06 Januari 2021   Erika Lia
Libur Akhir Tahun, Pengunjung Goa Sunyaragi Cirebon Melungsur Tajam
objek wisata Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) di Kota Cirebon (Aocirebon.com/Erika Lia)
AYO BACA : Biodata Melisa hartanto, Crazy Rich asal Surabaya di Indonesian Idol

AYO BACA : Daftar Bantuan PKH 2021 yang Cair 2021 dan cara Cek Penerima

KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Jumlah pengunjung objek wisata Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) di Kota Cirebon melungsur tajam sepanjang libur Tahun Baru 2021.
 
Manager Humas Badan Pengelola TAGS, Eko Ardi Nugraha menyebutkan, penurunan pengunjung mencapai lebih dari 50% dibanding momen yang sama pada pergantian tahun 2019-2020.
 
"Penurunan sekitar 70%," ujarnya, Rabu (6/1/2021).
 
Kondisi tak jauh berbeda terjadi pula saat libur Natal 2020. Pada libur Natal 25-27 Desember 2020 jumlah pengunjung sekitar 1.082 orang, sedangkan kala libur Tahun Baru 1-3 Januari 2021 sebanyak 2.029 orang. 
 
Rerata, imbuhnya, jumlah pengunjung selama libur Natal dan Tahun Baru hanya sekitar 500 orang/hari. Jumlah itu merosot tajam dibanding tahun lalu yang rerata mencapai 3.000 orang/hari.
 
Kondisi itu, menurutnya, disebabkan pandemi Covid-19 yang belum usai. Jumlah pengunjung pada liburan kali ini sama dengan jumlah pengunjung selama libur akhir pekan pada tahun lalu sebelum pandemi.
  
Selain itu, aturan rapid antigen bagi pengunjung luar kota dipandang menjadi faktor lain penyebab turunnya jumlah wisatawan. Padahal, lanjutnya, selama ini pengunjung TAGS didominasi asal luar kota, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan lainnya.
 
"Mungkin karena syarat rapid antigen itu juga pengunjung turun, terutama dari luar kota karena pengunjung TAGS kebanyakan dari luar kota," cetusnya.
 
Selama pandemi, pihaknya sendiri tetap memberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 bagi pengunjung. Setiap pengunjung harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan diwajibkan mencuci tangan.
 
Selain pengunjung, para pemandu wisata di objek wisata yang dikelola Keraton Kasepuhan Cirebon itu wajib pula mengenakan masker dan sarung tangan, hingga selalu menjaga jarak sesuai aturan pemerintah.

AYO BACA : Chord dan Lirik Lagu Ibu Mahakatya Iwan Fals


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar