bank bjb
  
Yamaha

Indramayu Dilanda Longsor, Rumah Warga Terancam

  Senin, 11 Januari 2021   Republika.co.id
Indramayu Dilanda Longsor, Rumah Warga Terancam
ilustrasi longsor. (Suara.com/Supriyadi)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Kabupaten Indramayu dilanda bencana longsor. Peristiwa terjadi di tebing Sungai Cipunegara di Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, dimana rumah warga yang berda di pinggiran sungai terancam.

Plt Camat Gantar, Edy Wahyono, menyebutkan, tebing itu longsor setelah diguyur hujan selama beberapa hari terakhir. Kondisi itu membuat tebing sungai menjadi longsor dan dikhawatirkan terjadi longsor kembali mengingat hujan deras yang masih kerap mengguyur.

‘’Ada enam rumah warga dan satu kandang peternakan sapi yang terancam longsor,’’ kata Edy, Senin (11/1).

AYO BACA : Prostitusi Online Seret TA, Polisi Mungkinkan Penetapan Tersangka Baru

Adapun keenam rumah itu masing-masing milik Udin, Altu, Dakrun, Satim, Esih dan Upen. Keenamnya terletak di Blok Bugel/Walahar, RT 10 RW 04, Desa Bantarwaru, Kecamatan Gantar.

Sebagian halaman rumah mereka tergerus longsor hingga kini jaraknya ada yang hanya tinggal tersisa dua meter dari sungai.

Menurut Edy, dari laporan yang diterimanya, tanda-tanda tebing akan longsor sudah terlihat sejak tiga bulan lalu. Kondisi itu diperparah dengan derasnya arus sungai Cipunegara. Longsor akhirnya benar-benar terjadi setelah diguyur hujan deras selama beberapa hari terakhir.

AYO BACA : Hari Ini Tambahan Kasus Covid-19 Indonesia Masih Lebih Banyak daripada Pasien Sembuh

 Edy menyatakan, sudah melaporkan peristiwa tersebut ke Pemkab Indramayu. Dia juga meminta bantuan kepada BPBD untuk upaya penanggulangan bencana longsor yang mengancam permukiman warga.

Sementara itu, Kepala Sekretariat BPBD Kabupaten Indramayu, Caya, mengatakan, hari ini pihaknya sudah mengirimkan bronjong untuk mencegah longsor yang lebih parah ke lokasi tersebut. Namun, penanganan itu baru bersifat darurat.

''Minimal warga menjadi lebih tenang,'' kata Caya, saat dihubungi Republika.co.id melalui telepon selulernya.

Sedangkan untuk tidak lanjut penanganannya, lanjut Caya, akan dikoordinasikan dengan BBWS Citarum. Pasalnya, sungai Cipunegara berada di bawah kewenangan BBWS Citarum.

AYO BACA : Ruang Isolasi Terancam Terus Berkurang, PPKM Diberlakukan di Kabupaten Cirebon


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar