Yamaha

Rawan Kecelakaan di Musim Hujan, Periksa Motor agar Nyaman dan Aman dalam Berkendara

  Sabtu, 09 Januari 2021   Editor
tips mengecek komponen sepeda motor yang penting selama musim hujan (dok Yamaha)
AYOCIREBON.COM -- Di tengah kita membiasakan diri dengan adaptasi kebiasaan baru (AKB) sesuai aturan protokol kesehatan yang ada, musim hujan telah kembali menyapa wilayah Jawa Barat. Bagi kita yang sering mengendarai sepeda motor disarankan memeriksa dan lebih memperhatikan kondisi sepeda motor. Karena disaat hujan jalan yang kita lalui menjadi basah dan licin.
 
Apa saja komponen yang perlu diperhatikan untuk memastikan sepeda motor kita agar berpergianmu tetap aman dan nyaman selama musim hujan. Yuk! Simak tips mengecek komponen sepeda motor yang penting selama musim hujan, berikut tipsnya.
 
Cek Kelayakan Ban
 
Periksalah tekanan dan alur ban, kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraanmu melayang di atas air dan tergelincir pada saat hujan. Selalu gunakan Ban standar sesuai pabrikan, jika sudah tipis sebaiknya melakukan pergantian.
 
Gerak Bebas Kemudi
 
Periksa Kondisi kekentalan, volume dan warna oli masih layak dan pastikan oli motor tidak mengalami kebocoran. Karena jika mengalami kebocoran di jalanan yang basah akan membuat semakin licin dan membahayakan. Misalkan anda mengalami kendala dalam penyetelan kemudi, maka kami sarankan segera datang ke Bengkel Resmi Yamaha untuk penyetelannya. Karena jika gerakan kemudi motor anda tidak normal akan menggangu kestabilan sepeda motor saat dikendarai.
 
Fungsi Rem Depan dan Belakang
 
Cek ketebalan kampas rem dan ketinggian minyak rem apakah masih baik atau perlu penggantian. Ketika musim hujan, peran komponen yang satu ini menjadi lebih vital untuk bisa menghentikan laju kendaraan dengan baik. Pastikan kampas rem motor masih tebal dan masih layak pakai di kondisi jalanan yang basah.
 
Kondisi Oli Mesin
 
Lakukan gerakkan kemudi ke arah kiri - kanan dan gerakan maju – mundur untuk memeriksa gerakan kemudi. Pastikan gerakan kemudi lancar tanpa hentakan dan tidak kendur. Jika terasa ada kelonggaran atau hentakan pada gerakan kemudi
 
Fungsi Lampu dan Sinyal
 
Periksa fungsi lampu dan sinyal bekerja dengan normal, karena kelistrikan tersebut sangatlah penting untuk memberi sinyal dan posisi motor kita kepada pengendara lain. Disaat kondisi hujan pandangan pengemudi terganggu oleh air bahkan kabut. Sehingga menyalakan lampu kendaraan bisa membantumu untuk tetap melihat jalan.
 
Pemeriksaan Tegangan Baterry
 
Jika sepeda motor mengalami gejala penurunan fungsi kelistrikan, seperti contoh motor saat distater lemah, lampu dan sinyal redup, bahkan indikator engine di speedometer menyala. Segeralah datang ke bengkel resmi Yamaha untuk pemeriksaan lebih lanjut supaya sistem kelistrikan sepeda motor anda tetap aman.
 
Kelayakan Rantai dan Sprocket
 
Untuk sepeda motor tipe sport dan moped penting sekali memastikan rantai dan sprocket masih layak atau tidak. Jika kondisi rantai sudah terlalu kendor dan indikator stelan rantai sudah batas maksimal maka mengganggu performa sepeda motor dan keselamatan saat jalan kondisi hujan.
 
Cek Tutup Busi
 
Periksa kondisi tutup busi motor kamu dengan cara memastikan kabel busi dan tutup busi terpasang dengan kencang, jangan sampai terdapat kelonggaran ditutup businya. Jika terdapat celah maka mengakibatkan air atau koroan masuk dan menyebabkan motor tersendat-sendat karena mengganggu tegangan listrik yang menuju busi. Jangan lupa ya guys bersihkan area disekitar tutup busi dari debu dan kotoran.
 
Cek CVT dan Saringan Udara
 
Ketika filter CVT pada V-belt case tersumbat, suhu V-belt naik secara signifikan yang dapat mengakibatkan kerusakan lebih awal pada V-belt. Dengan demikian, pembersihan filter CVT dimasukan dalam bagian pemeriksaan berkala
 
Sekian tips memeriksa sepeda motor disaat musim hujan, jika sepeda motor anda dalam kondisi baik sesuai dengan spesifikasi maka saat motor berjalan dalam jalanan hujan akan terasa nyaman, aman dalam berkendara. Jangan memaksakan diri untuk riding dalam kondisi motor tidak aman, selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain. Jika anda tidak sempat merawat sepeda motor maka percayakan dan lakukan secara rutin service berkala sepeda motor anda di YSS (Yamaha Service Shop) / Bengkel Resmi Yamaha.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar