Yamaha

Jembatan KA di Jateng Ambruk, Perjalanan KA di Cirebon Dialihkan

  Selasa, 12 Januari 2021   Erika Lia
Jembatan runtuh berlokasi di antara Stasiun Linggapura-Stasiun Bumiayu, yang masuk Daop 5 Purwokerto. Jembatan Nomor BH 1120 Km 305+5/6 jalur hulu itu ambruk pada Senin (11/1/2021) malam, akibat mengalami gogosan atau terkikis aliran air. (ist)
KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Perjalanan kereta api yang melintasi Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon sejak semalam hingga Selasa (12/1/2021) terganggu, setelah sebuah jembatan di Brebes, Jawa Tengah, ambruk.
 
Jembatan runtuh berlokasi di antara Stasiun Linggapura-Stasiun Bumiayu, yang masuk Daop 5 Purwokerto. Jembatan Nomor BH 1120 Km 305+5/6 jalur hulu itu ambruk pada Senin (11/1/2021) malam, akibat mengalami gogosan atau terkikis aliran air.
 
Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif menyatakan, untuk keselamatan dan keamanan perjalanan, pihaknya mengubah pola operasi perjalanan.
 
"Perjalanan KA dari Yogyakarta dengan tujuan Jakarta, seperti KA Argo Dwipangga, Gajayana, dan Bima, mulai semalam lewat Kroya-Bandung," sebutnya, Selasa (12/1/2021).
 
Sementara, KA dari Jakarta dengan tujuan Yogyakarta, seperti KA Argo Lawu, Progo, Mataram, dan Gajayana, lewat jalur utara Semarang-Gundih-Solo. Keberangkatan KA Daop 3, yaitu KA Ranggajati pagi tadi melalui Semarang-Gundih-Solo, sebelum lanjut ke tujuan akhir Stasiun Jember.
 
"Informasi terakhir, pukul 10.00 WIB tadi jalur hilir jembatan tersebut bisa dilewati KA dengan kecepatan 10 km/jam," lanjutnya.
 
Pihaknya memohon maaf atas gangguan perjalanan KA yang disebutnya sebagai dampak cuaca buruk, hingga menyebabkan prasarana jembatan di Daop 5 Purwokerto terputus.
 
Saat ini, petugas tengah mengupayakan normalisasi melalui pemeriksaan kondisi keamanan konstruksi pilar jembatan. Selain itu, petugas pula melakukan uji beban dan keselamatan jalur hilir di jembatan tersebut.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar