Yamaha

Komplotan Pengedar Uang Palsu di Jabar Terciduk Beraksi di Indramayu

  Rabu, 13 Januari 2021   Erika Lia
uang palsu. (Ayobandung.com)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Sebanyak 6 tersangka pengedar uang palsu (upal) rupiah dan dolar Amerika diamankan di Kabupaten Indramayu. Selain di Indramayu, para tersangka diduga beraksi pula di daerah lain di Jawa Barat.

Komplotan tersebut diamankan Polres Indramayu. Para tersangka terdiri dari 3 warga Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, yakni Djl (18), An (38), Sol (43), serta 3 tersangka lain dari Kabupaten Cirebon, masing-masing Dar (18) asal Kecamatan Palimanan, Kas (44) asal Kecamatan Gempol, dan Kas (58) asal Kecamatan Susukan.

Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh Susilo Herlambang mengungkapkan modus operandi para tersangka dengan membelanjakan upal ke warung-warung.

"Tujuannya memperoleh uang kembalian yang asli," ujarnya didampingi Kasat Reskrim, AKP Luthfi Olot Gigantara, Rabu (13/1/2021)

Kasus itu terungkap setelah seorang tersangka, Djl, berbelanja menggunakan upal ke sebuah warung di Blok Ciwado, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, pada 3 Januari 2021.

Namun, pemilik warung mencurigai uang yang disodorkan tersangka. Dia pun lantas menghubungi polisi yang segera meluncur ke lokasi dan mengamankan tersangka.

Polisi pun mendalami peristiwa itu dan menemukan upal yang digunakan tersangka tak hanya diedarkan di Kabupaten Indramayu. Belakangan diketahui, komplotan itu mengedarkannya pula di wilayah lain, seperti Cirebon, Majalengka, Kuningan, maupun Cimahi.

"Para tersangka juga rupanya komplotan dari tersangka lain yang diamankan Polres Majalengka dan Polres Cimahi," tuturnya.

Pihaknya menyita 100 lembar upal Rp100.000 dari tangan para tersangka. Tak hanya mata uang rupiah, komplotan itu pula diketahui mengedarkan upal dolar Amerika sebab polisi turut menyita 91 lembar upal US $100.

Para tersangka terancam hukuman 10 tahun penjara. Hafidh menjelaskan, mereka dijerat Pasal 244 KUHP dan atau Pasal 245 KUHP dan atau 36 ayat 2 dan 3 UU RI Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar