bank bjb
  
Yamaha

BLT UMKM 2021 sebesar Rp 2,4 juta Diajukan untuk 12 Juta Orang, Simak Daftar Penerima dan Caranya

  Minggu, 24 Januari 2021   A. Dadan Muhanda
BLT UMKM 2021 sebesar Rp 2,4 juta Diajukan untuk 12 Juta Orang, Simak Daftar Penerima dan Caranya
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (depkop.go.id)

AYOCIREBON.COM- Pemerintah memastikan segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) UMKM sebesar Rp 2,4 juta untuk 12 juta pelaku usaha.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, program bantuan ini rencananya bakal dilanjutkan di tahun ini.

Oleh sebab itu, Teten telah mengirim surat kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani terkait usulan dilanjutkannya program Banpres Produktif.

"Per tanggal 14 Desember 2020 kemarin, kami telah berkirim surat dengan Kemenkeu untuk mengusulkan lanjutan program Banpres Produktif. Kami mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 28,8 triliun dan menargetkan 12 juta pelaku UMKM yang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta per usaha mikro," ujar Teten dalam Rapat Kerja Kemenkop UKM dengan Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Kamis (21/1).

Menurut Teten, apabila pengajuan ini diterima oleh Kemenkeu dan bisa direalisasikan segera, pihaknya akan memprioritaskan penerima BLT dari aspek pemerataan antardaerah dan yang belum menerima bantuan.

Apalagi pada periode pencairan sebelumnya, diakui Teten, masih banyak UMKM yang belum mendapatkan BLT sebesar Rp 2,4 juta. Padahal hingga saat ini sudah ada sebanyak 28 juta UMKM yang mengajukan diri untuk menerima BLT.

Sambil menunggu pencairan BLT UMKM ada baiknya simak informasi pendaftaran dan persyaratan memperoleh bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

Memeriksa dan memastikan data Anda masuk dalam daftar penerima BLT untuk UMKM penting karena sebelumnya Anda sudah melakukan pemenuhan syarat yang diperlukan. Syarat ini kemudian akan diteliti dan menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan penerima BLT yang dimaksud.

Nah, data tersebut kini sudah dapat Anda ketahui dengan memeriksanya secara online. Nantinya berbekal data tersebut Anda bisa melakukan konfirmasi pada bank yang Anda gunakan, dan juga telah bekerja sama dengan pemerintah. Bank yang turut dalam program penyaluran ini antara lain PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) dan juga Bank Syariah Mandiri (BSM).

Cara Cek Penerima BLT UMKM 2021

Untuk Anda yang menggunakan jasa layanan dari Bank Rakyat Indonesia, Anda bisa memeriksanya secara langsung dengan mengunjungi eform.bri.id/bpum. Ketika Anda lolos proses seleksi Anda juga akan menerima pesan singkat atau SMS dari petugas bank tersebut.

Pengecekan pada layanan online bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini.

Lakukan login ke eform.bri.co.id/bpum.

Gunakan nomor kartu identitas (KTP) serta masukkan kode verifikasi yang Anda miliki.

Klik ‘Proses Inquiry’ yang ada pada laman tersebut, lalu akan muncul respon sesuai dengan keikutsertaan Anda pada program BPUM tersebut.

AYO BACA : Cara Daftar dan Persyaratan BLT UMKM 2021

Jika Anda Terdaftar

Jika status Anda terdaftar maka Anda bisa melakukan verifikasi pada bank penyedia, dalam hal ini BRI terdekat dan mendatangi kantor tersebut. Anda cukup membawa identitas diri atau KTP, buku tabungan, kartu ATM, surat pernyataan, surat pernyataan tanggung jawab mutlak, dan/atau kuasa penerima mutlak.

Jika Anda Tidak Terdaftar

Pada kasus ketika Anda tidak terdaftar dalam penerima bantuan langsung tunai untuk UMKM, maka pesan yang akan muncul setelah Anda mengklik ‘Proses Inquiry’ adalah ‘Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM’.

Dalam kasus ini Anda bisa segera mendatangi kantor cabang untuk melakukan konfirmasi, dan kembali melakukan upaya seleksi untuk mendapatkan BLT UMKM yang diadakan oleh pemerintah.

Belakangan diketahui pelaksanaan program tersebut diperpanjang, jadi masih ada harapan untuk mendapatkan bantuan jika Anda mau mencobanya lagi.

Lengkapi Syarat Pendaftaran BLT UMKM, Dapatkan Bantuannya

Syarat yang perlu diajukan antara lain :

- Nomor Induk Kependudukan.

- Nama Lengkap.

- Alamat Tempat Tinggal sesuai dengan KTP.

-Bidang Usaha.

- Nomor Telepon.

Berkas ini diajukan pada pengusul Banpres Produktif Usaha Mikro, untuk kemudian mendapatkan rekomendasi dan diajukan ke bank terkait.

Semoga informasi ini berguna untuk Anda yang tengah mencari kejelasan dan berusaha menjadi penerima BLT program bantuan untuk UMKM yang diadakan pemerintah tersebut. Demikian cara cek penerima BLT UMKM tahun 2021 di eform.bri.co.id.

AYO BACA : BRI Segera Transfer BLT UMKM Januari 2021


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar