bank bjb
  

Layanan Tes GeNose C19 Sudah Ada di Stasiun Cirebon

  Senin, 15 Februari 2021   Erika Lia
Layanan Tes GeNose C19 Sudah Ada di Stasiun Cirebon
Alat tes GeNose C19. (istimewa)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- PT KAI Daop 3 Cirebon menyediakan layanan pemeriksaan GeNose di Stasiun Cirebon Kejaksan mulai Senin (15/2/2021).

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto menerangkan, layanan ini merupakan pilihan tes bebas Covid-19 bagi calon penumpang, selain layanan Tes Rapid Antigen yang sudah tersedia.

"Tarif layanan pemeriksaan GeNose ditetapkan Rp20.000," katanya.

Rencananya, layanan sama akan dihadirkan di stasiun lain di Daop 3 Cirebon secara bertahap.

Dia menyebutkan, mulai 9 Februari 2021, calon penumpang KA Jarak Jauh wajibk membekali diri dengan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum waktu keberangkatan.

"Khusus keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampel diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum waktu keberangkatan," cetusnya.

AYO BACA: Iwan Fals Sindir Buzzer Lewat Lagu: BuzzerRp Dipelihara Tanda Runtuhnya Demokrasi

Dia meyakinkan, ketentuan ini sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

"Tapi, surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR tidak diwajibkan bagi anak-anak berusia di bawah 5 tahun," tuturnya.

Untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus sehat, telah memiliki tiket KA, dan dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih), selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas.

Calon penumpang harus mengantri dan mendaftar dengan tertib, sebelum kemudian diberi kantong GeNose C19 usai proses pembayaran.

Pada layanan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang diminta mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali.

"Langkahnya seperti ini, pada 2 kali pengambilan nafas di awal, buanglah nafas di dalam masker. Lalu, pada pengambilan nafas ke-3 kali, langsung hembuskan ke dalam kantong hingga penuh, kuncung kantong agar udara tak keluar dan serahkan kepada petugas," bebernya.

Petugas akan menganalisis menggunakan alat GeNose C19. Hasil pemeriksaan akan keluar sekitar 3 menit kemudian.

Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan. Bila hasilnya positif, calon penumpang tak dibolehkan naik KA.

"Tiket dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh," katanya.

Petugas pemeriksa akan memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan menyarankan calon penumpang yang gagal berangkat untuk melakukan karantina mandiri.

Selanjutnya, yang bersangkutan akan diarahkan petugas untuk meninggalkan stasiun dan diminta melapor ke puskesmas sesuai domisili.

"Kami harap seluruh calon penumpang yang hendak menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dapat memahami dengan baik soal syarat-syaratnya agar pemeriksaan berjalan lancar," pintanya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar