Yamaha

Hindari Simpan Barang Berharga di Dashboard Motor, Ini Alasannya

  Selasa, 16 Februari 2021   Erika Lia
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan (ke-2 dari kanan) menunjukkan barang bukti yang disita dari tersangka pencurian pengincar barang berharga pada dashboard sepeda motor. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Masyarakat diimbau tak meletakkan barang berharga pada dashboard sepeda motor. Aksi pencurian yang menyasar isi dashboard di Kota Cirebon menjadi salah satu pelajaran berharga.

Polres Cirebon Kota mengamankan 2 orang, masing-masing berinisial MB alias Malik (18), warga Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, dan JS alias Cepron (27), warga Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, setelah diduga mencuri barang berharga yang disimpan korban pada dashboard sepeda motornya.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan mengungkapkan, salah satu korban kehilangan handphone setelah dipepet tersangka di sebuah perhentian lampu lalu lintas.

"Modus operasi ke-2 tersangka adalah mengikuti korban, lalu memepet sepeda motor korban saat berhenti di lampu lalu lintas yang berwarna merah," ungkap Imron didampingi Waka Polres Cirebon Kota, Kompol Ali Rais Ndraha dan Kasat Reskrim, AKP I Putu Hasti Hermawan.

Memanfaatkan momen ketika semua kendaraan berhenti, tersangka lantas menyerobot handphone milik korban yang disimpan pada dashboard.

Pada kejadian lain, tersangka menyasar dompet korban yang pula disimpan pada tempat yang sama. Tersangka mengikuti korban, sebelum kemudian menarik dompet yang diperkirakan tampak oleh tersangka.

Para tersangka sendiri diketahui merupakan residivis tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas). Mereka pernah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cirebon.

"Salah satu tersangka pernah mendekam di Rutan Cirebon selama 6 bulan akibat terlibat kasus penusukan, sedangkan lainnya ditahan di rutan selama 1,6 tahun akibat aksi pengrusakan," tuturnya.

Namun begitu, seorang tersangka masuk daftar pencarian orang (DPO). Polisi telah mengantongi identitasnya dan masih memburu tersangka.

Ke-2 tersangka yang diamankan sendiri kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan mendekam di penjara Mapolres Cirebon Kota. Mereka disangkakan melanggar Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Cirebon Kota, Iptu Ngatidja pun mengimbau masyarakat mewaspadai kejahatan dengan modus operasi semacam ini. Pihaknya meminta masyarakat tak menyimpan barang berharga di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau tangan usil, salah satunya dashboard.

"Sebaiknya simpan barang berharga di tempat yang tak terlihat dan mudah dijangkau orang lain," pesannya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar