bank bjb
  

Cara Mudah Biar Insentif Kartu Prakerja Gelombang 13 Cepat Cair! Simak Panduannya

  Rabu, 10 Maret 2021   Icheiko Ramadhanty
Cara Mudah Biar Insentif Kartu Prakerja Gelombang 13 Cepat Cair! Simak Panduannya
Pencairan Gelombang 13 Kartu Prakerja

 AYOCIREBON.COM – Pendaftar Kartu Prakerja gelombang 13 sudah dapat menerima hasil terkait lolos atau tidaknya mereka untuk mendapatkan insentif. Hal ini diketahui dari unggahan sosial media resmi di Instagram @prakerja.go.id

Bagi peserta yang lolos dan telah mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta, wajib membeli pelatihan yang telah disediakan. Adapun, program Kartu Prakerja bekerjasama dengan beberapa mitra pelatihan skill diantaranya adalah Tokopedia, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pinteria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar.

Di dalam mitra-mitra tersebut, nantinya peserta dapat memilih berbagai pelatihan khusus, baik berdasarkan minat mereka maupun berdasarkan kemampuan. Tetapi, terdapat beberapa hal yang juga harus diperhatikan oleh para peserta setelah mengikuti program pelatihan.

Mereka harus memberikan rating usai mengikuti pelatihan Prakerja. Hal ini seringkali diabaikan oleh penerima yang mengakibatkan insentif tidak bisa dicairkan.

Selain itu, dia membeberkan kendala lain yang datangnya juga dari para peserta Kartu Prakerja. “Misalnya akun virtual belum upgrade atau dilakukan verifikasi KYC (know your customer),” kata Louisa.

Selain kedua faktor tersebut, ada faktor lain yang dapat menjadi penyebab insentif Kartu Prakerja tidak bisa dicairkan. Faktor-faktor tersebut adalah nomor rekening atau akun e-wallet yang didaftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif dan ditemukan ketidaksesuaian antara data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja.

Louisa menjelaskan bahwa pemberian insentif pelatihan akan cair setelah peserta menyelesaikan pelatihan, yang ditandai dengan adanya sertifikat. Pihaknya menjelaskan, jika ada peserta yang mengikuti lebih dari satu kali pelatihan, maka insentif hanya diberikan saat pelatihan pertama selesai dan tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.

“Proses pencairan insentif dilakukan maksimal tujuh hari setelah seluruh persyaratan tersebut dipenuhi,” ujarnya.

Lantas bagaimana cara untuk membeli pelatihan pertama dan mengamankan insentif agar tidak hangus? Berikut Ayojakarta merangkum tata cara membeli pelatihan:

1. Pilih salah satu dari 7 platform yang ada di dashboard Kartu Prakerja, baik sesuai skill maupun minat

2. Anda akan diarahkan ke laman baru dan tata cara membeli pelatihan dengan kategori ‘Kartu Prakerja’

3. Jika sudah memilih program pelatihan, klik tombol ‘Beli’

4. Salin nomor Kartu Prakerja Anda di laman dashboard

5. Tempel nomor Kartu Prakerja yang sudah disalin ke menu pembelian pelatihan

6. Tunggu hingga transaksi berhasil

Dalam 7 mitra pelatihan tersebut, ada banyak pelatihan yang dapat diambil oleh para penerima Kartu Prakerja, baik yang sesuai dengan skill maupun minat. Nantinya, mereka harus menyelesaikan pelatihan yang dipilih untuk mendapatkan sertifikat dan memberikan rating atau survei, guna pencairan insentif.

Peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta (tidak bisa dicairkan), insentif pasca-pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali atau Rp 150 ribu.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar