bank bjb
  

Suket Negatif Covid-19 Penumpang KA Jarak Jauh Cuma Berlaku 1x24 Jam

  Kamis, 11 Maret 2021   Erika Lia
Suket Negatif Covid-19 Penumpang KA Jarak Jauh Cuma Berlaku 1x24 Jam
Penumpang KA menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker. (Ayocirebon.com/Istimewa)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- PT KAI menerapkan peraturan masa berlaku surat keterangan negatif Covid-19 hanya 1x24 jam dari pengambilan sampel bagi para penumpang KA jarak jauh.

Ketentuan itu berlaku sepanjang libur Hari Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW pada Jumat (11/3/2021) dan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 pada Minggu (14/3/2021).

Di luar masa tersebut, calon penumpang dapat menunjukkan surat bebas Covid-19 dengan sampel yang diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto menyebut, ketentuan itu sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 7/2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20/2021 yang menyatakan selama Libur Keagamaan dan Libur Panjang, maka pada 11 dan 14 Maret 2021, penumpang KA Jarak Jauh wajib melakukan tes RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

"Hasil tes surat bebas Covid-19 tersebut harus menunjukkan negatif. Bagi calon penumpang anak di bawah 5 tahun tak wajib melakukan RT PCR/Rapid Test Antigen/GeNose Test," paparnya, Kamis (11/3/2021).

Calon penumpang KA pula harus sehat (tanpa flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tak lebih dari 37,3°C, mengenakan masker pribadi dan pelindung wajah (face shield) yang disediakan KAI, mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA.

Pihaknya mengimbau juga calon penumpang untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

Selama 2 hari libur nasional kali ini sendiri, tercatat 45 perjalanan KA per hari di Daop 3 Cirebon. Dari jumlah itu, 32 KA berhenti dan berangkat dari Stasiun Cirebon Kejaksan, serta 13 KA berhenti dan berangkat dari Stasiun Cirebon Prujakan.

"Ke-45 perjalanan KA itu menuju ke berbagai kota di wilayah Pulau Jawa," cetusnya.

Untuk tujuan akhir dari perjalanan KA itu meliputi 21 KA ke arah Jakarta, ke arah Surabaya 7 KA, ke arah Solo 4 KA, ke arah Malang 3 KA, ke arah Tegal, Yogyakarta, Semarang, dan Blitar masing-masing 2 KA, serta 1 KA ke arah Kutoarjo.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar