Yamaha

Ketentuan Kuota Gratis Kemendikbud 2021, Ini Situs yang Tidak Bisa Diakses

  Kamis, 11 Maret 2021   Suara.com
ilustrasi -- kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) (Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyalurkan bantuan kuota internet gratis di tahun 2021 ini kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen guna mengakses pembelajaran daring. Namun, kuota ini hanya bisa digunakan untuk mengakses situs-situs tertentu saja. Lalu, sudahkah kamu tahu daftar situs yang tidak bisa diakses kuota Kemendikbud?

Kemendikbud pada 2021 ini akan menghilangkan pembagian kuota umum dan kuota belajar menjadi kuota umum saja. Hal itu dimaksud agar penggunaan bantuan kuota belajar dapat lebih fleksibel untuk digunakan dalam kegaitan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti mencari dan mengunduh video pembelajaran yang ada di YouTube.

Daftar situs yang tidak bisa diakses kuota Kemendikbud 

Bantuan kuota internet gratis ini tidak dapat diakses pada aplikasi tertentu. Melansir dari laman resmi Kuota Belajar Kemendikbud, bantuan kuota internet gratis ini tidak bisa diakses kepada aplikasi berikut ini.

Situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika
Media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan TikTok.

Pembatasan akses penggunaan media sosial disinyalir agar bantuan kuota internet gratis dapat tepat sasaran dan digunakan semaksimal mungkin untuk melakukan proses pembelajaran.

Ketentuan Kuota Gratis Kemendikbud 2021

Besaran kuota internet berbada untuk setiap jenjang pendidikannya, mulai dari 20GB bagi peserta didik PAUD, 35GB bagi peserta didik dasar dan menengah, 42GB bagi pendidik PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah serta 50GB bagi dosen dan mahasiswa. Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud tersebut terhitung selama 3 bulan yakni dari bulan Maret hingga Mei 2021.

Penyaluran bantuan kuota internet gratis ini akan disalurkan selama 3 bulan ke depan dari bulan Maret hingga Mei 2021. Subsidi kuota internet gratis tersebut akan cair setiap tanggal 11 – 15 pada setiap bulannya dan berlaku selama 30 hari setelah kuota tersebut diterima.

Demikian merupakan informasi daftar situs yang tidak bisa diakses dengan bantuan kuota dari Kemendikbud. Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud, para siswa, guru, dosen dan mahasiswa diharapkan dapat memaksimalkannya sebagai pendukung dari kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar