bank bjb
  

Kuota Internet Gratis Kemendikbud Belum Cair? Ini Cara Lapornya

  Jumat, 12 Maret 2021   Suara.com
Kuota Internet Gratis Kemendikbud Belum Cair? Ini Cara Lapornya
Kuota Internet Gratis Belum Cair? Lapor Ke Sini - Bantuan kuota data internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (dok Website Kementerian)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Bantuan Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Budaya) berupa kuota internet gratis sudah mulai dicairkan sejak kamis (11/3/2021). Namun, bagaimana jika kuota internet gratis belum cair? Berikut cara lapor kuota internet Kemendikbud belum cair.

Informasi mengenai pencairan kuota internet gratis disampaikan oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui kanal Youtube Kemendikbud RI pada senin  (1 Maret 2021) Bantuan tersebut akan disalurkan dari tanggal 11-15 Maret 2021 yang berjalan setiap bulan.

Namun, jika kuota internet gratis Kemendikbud belum cair ke hp-mu, kamu bisa melapor ke sejumlah provider. Ya, ada sejumlah provider yang menyediakan layanan pelaporan bagi siapa saja yang belum menerima kuota internet gratis Kemendikbud.

Berikut beberapa provider untuk lapor jika kuota internet gratis Kemendikbud belum cair

  1. Telkomsel melalui call center 188 atau 0807 1811 811
  2. Indosat melalui call center 185
  3. XL melalui website FAQ:xl.co.id/KuotaEdukasi
  4. Axis melalui website FAQ:axis.co.id/kuotaedukasi
  5. Tri atau 3 melalui call center 132 atau 089644000123

Penerima kuota internet gratis Kemendikbud

Adapun penerima kuota internet gratis dari Kemendikbud yaitu terbagi menjadi 4 kategori, yaitu sebagai berikut ini.

  1. Peserta Didik untuk jenjang PAUD mendapat 7 GB/bulan
  2. Peserta Didik untuk jenjang SD-SMP mendapat 10 GB/bulan
  3. Pendidik Jenjang PAUD, SD, dan SMP mendapat 12 GB/bulan
  4. Dosen dan mahasiswa mendapat 15 GB/bulan

Penyaluran Internet

Kuota gratis Kemendikbud yang diterima tersebut memiliki masa aktif selama 30 hari sejak kuota tersebut diterima dan akan dikirim selama masa belajar dari rumah berlangsung.

Adapun penyaluran kuota gratis tersebut berlangsung dari bulan Maret hingga bulan Mei 2021, yang mana masa aktif kuota internet gratis tersebut berakhir pada Juni 2021.

Perlu diketahui, tidak seperti sebelumnya, kali ini tidak ada lagi pembagian kuota belajar dan kuota umum.  Adapun sejumlah situs yang tidak dapat diakses menggunakan kuota internet gratis yakni TikTok, Instagram, Twitter, Facebook, dan sejumlah situs yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Perlu diketahui juga, kuota internet gratis Kemendikbud akan langsung cair pada semua nomor aktif yang sebelumnya sudah pernah menerima bantuan kuota gratis pada bulan November – Desember 2020.

Namun, bagi mereka yang sebelumnya pernah mendapat bantuan kuota gratis, tapi tidak menggunakannya sampai habis atau penggunaanya kurang dari 1 GB maka tidak akan menerima kuota gratis bulan Maret.

Bagi yang nomornya ganti atau belum pernah dapat kuota gratis, maka harus melakukan laporan lebih dulu jika ingin mendapat kuota gratis Kemendikbud ke bagian satuan pendidikan sebelum bulan April 2021.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar