bank bjb
  

Menkes Sebut Varian Corona B117 Sudah Bertransmisi Lokal di Indonesia

  Senin, 15 Maret 2021   Suara.com
Menkes Sebut Varian Corona B117 Sudah Bertransmisi Lokal di Indonesia
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Dok YouTube Sekretariat Kabinet RI)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut varian Covid-19 B.1.1.7 asal Inggris sudah menjadi penularan atau transmisi lokal virus Sars-Cov 2 di Indonesia.

Budi menjelaskan sejauh ini ada enam kasus varian B.1.1.7 di Indonesia, keenamnya antara lain dua di Karawang, Jawa Barat dari Arab Saudi.

Lalu masing-masing satu di Sumatera Utara, Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

"Dua yang pertama (Karawang) dari Saudi Arabia untuk varian B117 dari UK dan empat sampel kemudian juga diketahui, dua di antaranya juga dari Saudi Arabia dan juga sudah ada yang berasal dari transmisi lokal," kata Budi dalam Rapat Kerja di Komisi IX DPR RI, Jakarta, Senin (15/3/2021).

Meski begitu, Budi menegaskan pihaknya telah melakukan karantina terhadap keenamnya hingga sembuh dan dilanjutkan penelusuran kontak terhadap seluruh kontak erat keenam kasus tersebut.

"Kita sudah menindaklanjuti untuk tracingnya dan Alhamdulillah sampai sekarang semuanya masih negatif dan sekarang kita terus memperbanyak dan memperketat genome sequencing ini dengan memanfaatkan seluruh jaringan lab yang ada di bawah kami dan Kemenristek/BRIN," jelasnya.

Kemenkes sudah bekerjasama dengan 17 laboratorium yang bisa melakukan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) di Indonesia untuk memonitor perkembangan mutasi virus Sars-Cov 2.

Diketahui sejauh ini pemerintah baru menemukan tiga varian mutasi virus Covid-19 di Indonesia, yakni varian D614G sejak September 2020, varian N439K dari Inggris sejak November 2020, dan varian B117 sejak Januari 2021.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar