Yamaha

Pejuang PTN Wajib Penuhi Ini dalam UTBK SBMPTN 2021

  Selasa, 16 Maret 2021   Suara.com
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (Ist)

AYOCIREBON.COM -- Mulai Senin (15/3/2021) kemarin, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2021 resmi dibuka hingga nanti tanggal 1 April 2021. 

Melansir Suara.com, nagi yang ingin mendaftar, simak 4 hal penting terkait UTBK SBMPTN 2021 yang perlu kamu pahami berikut ini. 

Calon Peserta Wajib Memiliki Akun LTMPT
Untuk calon peserta yang akan mendaftar UTBK SBMPTN 2021 ini, diwajibkan memiliki akun LTMPT yang sebelumnya sudah disosialisasikan. Tanpa memiliki akun tersebut, calon peserta ujian tidak akan dapat mendaftarkan dirinya.

AYO BACA: Pejuang PTN Wajib Penuhi Ini dalam UTBK SBMPTN 2021
AYO BACA: Banyak Negara Tunda Vaksinasi AstraZeneca, Perusahaan Pembuat Sampaikan Pembelaan

Pihak terkait juga mengingatkan untuk membuat akun tersebut menjadi akun permanen sebelum mulai mendaftar UTBK SBMPTN 2021. Adapun penutupan pendaftaran dan permanen akun LTMPT sendiri berakhir pada Sabtu, 13/3/2021) lalu.

Jangan Terlewat Periode Pendaftaran
Hal penting UTBK SBMPTN 2021 selanjutnya adalah periode pendaftaran yang diadakan selama kurang lebih dua minggu, sejak tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021. Mengingat jumlah peserta yang sudah terdata pada database LTMPT mencapai lebih dari 1,4 juta akun, maka diharapkan calon peserta tes bisa mendaftar sedini mungkin.

Hal ini juga sebagai antisipasi terjadinya penumpukan pendaftaran di akhir periode, dan berisiko terjadi perlambatan kinerja situs resmi.

Tingginya jumlah pendaftar juga diakibatkan karena periode tes kali ini juga memfasilitasi lulusan tahun 2019 dan 2020 untuk melakukan tes masuk perguruan tinggi negeri.

AYO BACA: Perbaikan Alun-alun Kejaksan, DPRD Kota Cirebon Beri Deadline 2 Pekan
AYO BACA: Beda Preman dan Penjahat Menurut Anton Medan 

Tidak Dianjurkan Mendaftar bagi Peserta yang Sudah Lolos SNMPTN
Program penerimaan mahasiswa baru lain, SNMPTN, juga sebenarnya sudah berjalan. Untuk menghindari terjadinya kerancuan data, peserta yang sudah lolos seleksi SNMPTN tidak diperkenankan mengikuti pendaftaran dan tes UTBK SBMPTN 2021. Pendaftaran diperkenankan jika peserta SNMPTN dinyatakan tidak lulus seleksi tersebut.

Jika terdapat peserta SNMPTN 2021 yang mendaftar sebelum pengumuman, dan ternyata lolos, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak akan dapat ditarik kembali.

Waktu Sepekan untuk Angkatan 2019 dan 2020
Untuk lulusan angkatan 2019 dan 2020 sendiri, pihak terkait memberikan tenggat waktu selama sepekan sejak waktu pendaftaran dibuka.

Jadi, diharapkan alokasi ini bisa mengurangi beban traffic pada situs resmi pengelola sehingga meminimalisir resiko terjadinya kepadatan di waktu yang akan datang. Periode yang diberikan untuk lulusan lebih senior ini adalah tanggal 15 Maret sampai 20 Maret 2021.

AYO BACA: Rizal Ramli Ragu Jokowi tak Tertarik Jabatan Presiden 3 Periode

Nah, beberapa hal penting terkait UTBK SBMPTN 2021 di atas wajib dicermati dengan baik. Jangan sampai kamu salah informasi, dan berujung pada hal yang tidak diinginkan. Selalu gali informasi lebih dalam dan pastikan dari sumber terpercaya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar