bank bjb
  

Dari Heavy Metal hingga Country, Begini Kepribadian Berdasarkan Selera Musik

  Rabu, 17 Maret 2021   Editor
Dari Heavy Metal hingga Country, Begini Kepribadian Berdasarkan Selera Musik
ternyata selera musik bisa memperlihatkan kepribadian seseorang.(Foto Pixabay/Hansuan_Fabregas)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Kepribadian seseorang bisa dilihat berdasarkan apa saja. Salah satunya berdasarkan selera musiknya.

Seorang pakar psikologi musik, Adrian North, melakukan penelitian selama tiga tahun untuk menghubungkan preferensi musik dengan kepribadian. Penelitian ini melibatkan sebanyak 36.000 peserta.

Berikut kepribadian seseorang bersadarkan selera musik, seperti dilansir Ayobandung.com.

Heavy metal (ramah dan kreatif)

Orang-orang yang menyukai musik heavy metal konon cenderung punya kepribadian yang ramah dan kreatif.

Klasik (cerdas dan introvert)

AYO BACA : Bukan Sekedar Kerling Biduan Tarling

Reflektif dan kompleks adalah deskripsi sempurna dari musik klasik. Hal ini membuat para pecinta musik klasik cenderung cerdas. Tak hanya itu, pecinta musik klasik juga cenderung introvert dan menunjukkan harga diri yang tinggi. Studi ini menemukan bahwa siswa yang menyukai Bethoven memiliki nilai unggulan dalam kelasnya.

Hiphop (extrovert)

Mereka adalah pendengar yang energik dan berirama. Penggemar hiphop menikmati aspek-aspek sosial dari musik. Mereka senang menari dan bernyanyi bersama.

Pop (mudah bergaul dan melankolis)

Sebenarnya, penggemar musik pop cenderung minim kreativitas. Meski demikian, mereka punya kelebihan dengan sifat supelnya. Mereka mudah bergaul dan memiliki harga diri yang tinggi. Namun, mereka adalah orang-orang yang cenderung selalu mengikuti suasana hati.

Rock (mudah bergaul dan egois)

AYO BACA : 5 Karakter Unik Orang yang Lahir di Bulan Maret

Penggemar musik classic rock adalah mereka yang senang bekerja keras. Umumnya, mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Buruknya, mereka lebih egois ketimbang pendengar musik lain.

Namun, hal berbeda ditemukan pada penggemar musik indie rock. Kelompok ini cenderung kreatif dan terbuka dengan pengalaman baru. Sayangnya, etika kerja mereka terbilang rendah.

Sedangkan penggemar musik punk rock dikenal sebagai orang-orang energik tapi rendah empati.

Folk, jazz, blues (pemikir yang dalam dan bebas)

Sama seperti musik klasik, pendengar musik folk, jazz, dan blues ini adalah orang-orang yang reflektif dan kerap memikirkan sesuatu dengan dalam. Mereka juga berpikiran terbuka dan kreatif. Mereka adalah orang-orang bebas yang cenderung menggunakan musik untuk melatih otak mereka.

Country (pekerja keras dan konservatif)

Para pendengar musik country biasanya adalah orang-orang yang penuh empati. Mereka umumnya menyenangkan, extrovert, dan pekerja keras. Kendati demikian, penggemar musik country cenderung konservatif dalam berpikir. Mereka kurang terbuka untuk hal-hal baru.

AYO BACA : 5 Filosofi dalam Tari Topeng Cirebon


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar