bank bjb
  

Masjid Boleh Jadi Tempat Vaksinasi, Syaratnya Begini

  Kamis, 18 Maret 2021   Republika.co.id
Masjid Boleh Jadi Tempat Vaksinasi, Syaratnya Begini
ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mempersilahkan proses vaksinasi dilakukan di area publik, misalnya masjid. Namun agar vaksinasi terselenggara dengan baik, pelu syarat dipenuhi yakni infrastruktur tempatnya terbilang siap.

 "Tempat umum diperbolehkan menjadi sarana pelaksanaan vaksinasi, contohnya kemarin di pasar, sekolah dan lain-lain (termasuk masjid)," ujar Wiku saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (18/3).

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla sebelumnya mengusulkan agar masjid bisa menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal di tingkat RT/RW.

JK mengatakan, masjid memiliki sarana penunjang kegiatan vaksinasi mulai dari halaman dan bangunan luas, dan pengeras suara untuk mengumumkan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

Namun, JK mengatakan, tidak semua masjid bisa digunakan untuk tempat pelaksanaan Covid-19. Sebab, hanya masjid yang memiliki halaman dan bangunan luas saja yang bisa menjadi tempat vaksinasi untuk tingkat RT/RW tersebut.

“Jadi ini Masjid yang besar-besar saja yang menjadi tempat pelaksanaan vaksin Covid-19, jadi lebih mudah untuk mengaturnya,” kata dia.

Wiku mengatakan, tempat pelaksanaan vaksinasi harus siap secara infrastruktur dan tidak menyebabkan kerumunan selama operasionalisasinya. Wiku mengakui memang belum ada regulasi resmi mengenai tempat ibadah umat Islam ini bisa menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

"Belum ada agenda finalnya, namun peluangnya bisa saja. Mohon menunggu rilis resmi," katanya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar