bank bjb
  

Antisipasi Ancaman, Keamanan Tempat Ibadah di Kota Cirebon Diperketat

  Senin, 29 Maret 2021   Erika Lia
Antisipasi Ancaman, Keamanan Tempat Ibadah di Kota Cirebon Diperketat
Pengetatan keamanan berlaku bagi seluruh gereja di Kota Cirebon, menyusul ledakan bom di Gereja Katedral Makassar. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Pengetatan keamanan berlaku bagi seluruh gereja di Kota Cirebon, menyusul ledakan bom di Gereja Katedral Makassar.

Selain di gereja, pengetatan keamanan pula ditingkatkan di Mapolres Cirebon Kota yang pernah menjadi sasaran bom bunuh diri pada 2011.

"Kami tingkatkan pengamanan dan kewaspadaan penjagaan mako (Mapolres) dan gereja-gereja di wilayah hukum Polres Cirebon Kota," kata Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan, Senin (29/3/2021).

Bom Gereja Katedral Makassar, imbuhnya, menjadi pengingat teroris masih eksis. Karena itu, kewaspadaan harus tetap dilakukan.

Terlebih, umat Nasrani akan memperingati Wafat Isa Al-Masih pada Jumat (2/4/2021) nanti. Sementara, peristiwa bom bunuh diri di Mapolres Cirebon Kota pun diketahui meledak pada Jumat, 10 tahun lalu, tepat sebelum Salat Jumat dilaksanakan.

Sebagai bagian dari pengetatan keamanan, Imron menginstruksikan penutupan gerbang Mapolres. Petugas yang berjaga diminta memberlakukan protap penjagaan.

AYO BACA : 3 Kali Ledakan Kilang Minyak Balongan, Rumah Warga Bergetar Hingga Rusak

"Kalau ada tamu, tanya keperluannya," perintahnya.

Polres Cirebon Kota sendiri menggelar rapat koordinasi pengamanan gereja bersama Kodim 0614/Kota Cirebon dan Satuan Brimob Polda Jabar Batalyon C Pelopor.

Imron menyebutkan, bom Gereja Katedral Makassar berdaya ledak tinggi. Dia meyakinkan, bom tersebut merupakan ancaman besar dari kelompok masyarakat yang tak bertanggungjawab.

Selain anggota kepolisian, dia pun meminta pengurus gereja berkoordinasi dengan aparat berwenang untuk setiap kegiatan yang akan digelar.

"Setiap pengurus gereja kami minta mengirim surat pemberitahuan kegiatan ibadah. Insya Allah kami akan amankan kegiatannya," janjinya.

Dandim 0614 Kota Cirebon, Letkol Inf. Herry Indriyanto menyatakan, selain tempat ibadah, objek vital lain beroleh pula peningkatan pengamanan.

AYO BACA : 1 Orang Warga Meninggal Setelah Ledakan Kilang Minyak Balongan

"Pengamanan internal dan eksternal, salah satunya tempat ibadah dan objek vital se-Kota Cirebon," tegasnya seraya mengutuk keras insiden Gereja Katedral Makassar.

Pasi Ops Satuan Brimob Polda Jabar Batalyon C Pelopor, Iptu Abang Mulyana meyakinkan penanganan ancaman bom melalui tim yang dimilikinya.

"Kami merupakan penanggulangan intensitas tinggi atau tim jibom," cetusnya.

Selain di Kota Cirebon, pengetatan keamanan juga berlaku pada tempat ibadah maupun objek vital lain di Kabupaten Majalengka.

"Kewaspadaan terhadap keamanan markas komando (mapolres) juga ditingkatkan," tutur Kapolres Majalengka, AKBP Syamsul Huda.

Petugas juga diminta saling melindungi dengan menerapkan buddy system, di mana petugas polisi bertugas bersama sesama anggota Polri atau TNI bersenjata lengkap. Jajaran intelijen pun diinstruksikan menyerap informasi sebanyaknya.

"Ini upaya untuk menjaga keselamatan diri dan masyarakat luas," tegasnya.

AYO BACA : Pengungsi Ledakan Kilang Minyak Balongan Butuh Makanan dan Air Minum


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar