bank bjb
  

Wagub Uu: Pasokan BBM Jabar Aman Selama Ramadhan

  Selasa, 30 Maret 2021   Editor
Wagub Uu: Pasokan BBM Jabar Aman Selama Ramadhan
-Petugas Polres Majalengka berjaga di SPBU sebagai antisipasi dampak ledakan kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melakukan peninjauan ke kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, yang sempat mengalami kebakaran dahsyat, Selasa (30/3/2021). 

Uu, dalam kunjungannya tersebut, mengatakan bahwa pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jawa Barat tidak akan terganggu. Hal ini, menurut Uu, lantaran insiden terjadi pada tanki penyimpanan BBMK bukan kilangnya.

AYO BACA: Kebakaran Kilang Pertamina tak Hanya Sekali, Pengamat: Jangan Dianggap Biasa
AYO BACA: Kebakaran Kilang Minyak Balongan Bisa Hambat Proyek RDMP Pertmina

"Setelah melihat kondisi, kami yakin pasokan BBM aman termasuk untuk pasokan nanti selama Ramadhan 1442 H di Jawa Barat, juga aman, tidak akan terganggu," ujar dia, mengutip keterangan resmi dari Pertamina. 

SVP Corporate Communications and Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto mengatakan, pihaknya akan memastikan pasokan BBM aman.

"Karena pola supply yang telah diterapkan telah mengantisipasi adanya skenario kedaruratan. Kondisi kilang Balongan tidak ada masalah, normal shutdown dan suplai pengganti akan dijalankan dari Kilang Cilacap dan TPPI,” ujar Agus.

AYO BACA: Hujan tak Banyak Bantu Pemadamam Api Kilang Minyak Balongan
AYO BACA: Diduga Kaitan Kebakaran Kilang, Warga Indramayu Tampung Air Warna Hitam Lapis Minyak

Pandemi Kurang Serap BBM, Pasokan Pasca Insiden Aman 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan bahwa insiden tersebut hanya membakar tangki sehingga operasional bisa langsung berjalan begitu api padam.

“Saya sampaikan bahwa yang terbakar ini bukan kilang melainkan tangki BBM-nya untuk menyimpan produk yang berada di area kilang. Jadi peralatan-peralatan utama untuk produksi kilang berikut juga fasilitas produksi aman, sehingga nanti ketika penanganan insidennya sudah selesai atau api padam, maka kilang nanti bisa dioperasikan kembali,” ujarnya, Senin (29/3/2021).

Menurut Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono menyebutkan bahwa kondisi stok gasolin nasional sangat aman.

“Akibat pandemi Covid-19 penyerapan BBM belum berjalan optimal hingga hari ini. Jadi stok BBM ini luber ada 10,5 juta barel. Ini cukup untuk 27-28 hari ke depan, jadi tidak ada masalah. Sekitar 62.500 kiloliter per hari konsumsi masyarakat kita," ucap Mulyono.

AYO BACA: Masih Duga Akibat Petir, Api di Kilang Minyak Balongan Belum Padam 
AYO BACA: Pengungsi Ledakan Kilang Pertamina Balongan Dipindahkan 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar